Kompas.com - 19/06/2020, 10:54 WIB
Prof Hariyadi (tengah) menjelaskan cara kerja pistol disinfektan berbasis sinar UV didampingi Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. (kiri). DOK.Humas UADProf Hariyadi (tengah) menjelaskan cara kerja pistol disinfektan berbasis sinar UV didampingi Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. (kiri).
|

KOMPAS.com - Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Center for Integrated Research and Innovation (Cirnov) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melakukan sebuah inovasi.

Adapun inovasinya ialah membuat alat yang fungsinya untuk membunuh bakteri dan virus berbentuk pistol genggam berbasis sinar ultra violet (UV) jenis C.

"Kami mengembangkan alat disinfektan atau alat untuk membunuh bakteri dan virus berbasis sinar UV jenis C," ujar Kepala Cirnov UAD, Prof Hariyadi seperti dikutip dari laman resmi UAD, Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Guru Besar UB: Sinar UV Mampu Bersihkan Udara dari Covid-19

Mudah dan aman dioperasikan

Menurut dia, pistol yang dibuat untuk melakukan pencegahan wabah virus ini mudah dioperasikan, cepat dan aman.

Adapun pengguna pistol hanya perlu mengarahkan ke area yang ingin disterilkan untuk waktu 1-3 menit. Operator juga tidak perlu meninggalkan ruangan karena pistol dilengkapi dengan pelindung sinar berupa reflektor.

Reflektor itu berfungsi sebagai alat untuk memfokuskan sinar ke area atau ojek yang diinginkan.

Dijelaskan, alat tersebut telah diuji coba di laboratorium uji mikrobiologi menggunakan bakteri di Lab Mikrobiologi, Prodi Biologi Industri, Fakultas Sains dan Teknologi Terapan, UAD.

Mampu mematikan bakteri dan virus

Sementara Ketua Lab, Drs Hadi Sasongko MSi menjelaskan uji coba dilakukan menggunakan bakteri E. Coli.

Secara prinsip, molekul bakteri lebih kuat dibandingkan dengan virus, sehingga jika terkena tembakan pistol atau penyinaran menggunakan sinar UV menjadikan bakteri mati.

Hal itu juga bisa memberikan efek mematikan pada virus yang memiliki struktur molekul lebih rapuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.