Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Film Edukasi “4 Sekawan”, Belajar dari TVRI 22 Mei 2020

Kompas.com - 23/05/2020, 20:23 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Festival Video Edukasi dengan Episode “4 Sekawan”, yang tayang pada pukul 09.30 – 10.00 WIB untuk SMP dan sederajat pada 22 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Rangkuman Film Pendek Kalimat Sakti Bapak, Belajar dari TVRI 18 Mei 2020

Berikut adalah rangkuman tayangan Festival Video Edukasi dengan Episode “4 Sekawan”:

Film ini menceritakan sekelompok anggota pramuka yang bertemu dengan pemburu hewan liar di hutan.

Cerita dimulai dari rumah Rara yang sedang berkumpul dengan ibu dan ayahnya. Ayah sebenarnya kurang setuju dengan kegiatan Rara, dan meminta hanya fokus belajar.

Sebaliknya, Ibu justru memberi dukungan dengan mengatakan tidak ada salahnya Rara berkegiatan, asalkan tetap rajin belajar. Nilai-nilai rapor Rara pun juga masih bagus.

tetapi Ayah tetap tidak setuju, Ibu kemudian menyemangati Rara. Rara diminta bersabar.

Rara kemudian meminta izin besok untuk mengikuti penjelajahan pramuka. Ibu pun memberikan izin. Ibu hanya berpesan agar Rara hati-hati. Untuk urusan izin dengan Ayah, Ibu yang akan membantu menyampaikan.

Esok harinya di sekolah dilakukan briefing untuk peserta pramuka dalam melakukan penjelajahan lintas alam. Perjalanan yang di tempuh akan panjang karena melewati hutan. Setiap regu diberi peta penunjuk jalan.

Setiap regu dituntun untuk bisa membaca medan, kompas, sandi dan melewati halang rintang yang ada dalam setiap perjalanan. Hal ini membutuhkan kerja sama dan keberanian.

Sementara itu, melalui tayangan televisi diberitakan Polsek Ponorogo telah menangkap pelaku perburuan liar bersama barang buktinya. Banyak sangkar berisi hewan dilindungi pemerintah diamankan polisi dari pelaku.

Dari pemeriksaan polisi salah satu pelaku mengakui hewan-hewan tersebut akan diselundupkan ke luar negeri.

Sementara 4 sekawan terus berjalan menyusuri desa, melewati sungai. Di tengah jalan mereka sempat berhenti untuk melihat peta dan melanjutkan perjalanan memasuki hutan.

Di tempat lain para pemburu siap memangsa hewan dilindungi, mempersiapkan senapannya dan mulai berburu dan menembak 1 burung langka.

Dalam perjalanan, empat sekawan melihat pemburu yang baru saja menangkap burung langka. Pemburu kaget melihat empat sekawan tersebut, lalu mengejar untuk menangkap mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com