Dampingi Gempi "Virtual Schooling", Gisel: Paling Sulit Kendalikan Emosi

Kompas.com - 23/05/2020, 10:00 WIB
Gisel mendampingi Gempi selama virtual schooling Dok. Sampoerna AcademyGisel mendampingi Gempi selama virtual schooling

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam dunia pendidikan. Murid yang tadinya belajar di sekolah dengan bimbingan guru, kini harus belajar dari rumah dengan pendampingan orangtua.

Sebagai satu dari banyak orangtua yang harus mendampingi buah hati belajar dari rumah, Gisella Anastasia atau akrab disapa Gisel mengaku cukup tertantang untuk bisa memberikan bimbingan terbaik baik sang putri Gempita Nora Marten.

"Sejujurnya paling susah untuk mengendalikan diri, mengendalikan emosi. Anak itu baik, pintar, tetapi mereka anak-anak, tetap bisa ter-distract dan segala macam," papar Gisel dalam konferensi video yang diselenggarakan oleh Sampoerna Academy, Rabu (20/5/2020).

"[Bahkan] dari awal Gempi sudah aku bilang, mama kalau ngajar galak loh Gempi, kamu harus lebih nurut gitu. Jadi, akhirnya dia kayak takut banget ngelakuin sesuatu yang salah dan bilang "sorry mami, sorry mami," imbuh Gisel.

Baca juga: Agar Anak Kompeten, Najelaa: Beri Anak Umpan Balik, Bukan Nilai

Dalam konferensi bertajuk "Tekankan Pentingnya Sinergi Guru, Orang Tua dan Siswa dalam Keberhasilan Belajar Anak selama Virtual Schooling", Gisel mengaku masih berjuang untuk lebih bersabar.

"Sampai sekarang masih terus berjuang untuk lebih sabar. Sesabar guru-guru Sampoerna. Enggak ngerti deh gimana caranya itu. Guru-guru Gempi itu sabar banget," tutur Gisel.

Walau begitu, Gisel menyadari bahwa tugas orangtua memang mendidik anak selama di rumah. Sehingga, "ujian kesabaran" dapat dengan mudah teratasi.

"Pusing pasti karena penyesuaian, tetapi enggak mengeluh karena kita sadar kalau itu memang tanggung jawab kita sebagai orangtua," tuturnya.

Baca juga: Guru, Ini Tips Pembelajaran Jarak Jauh dari Mendikbud Nadiem Makarim

Gisel juga bersyukur karena pihak sekolah telah menyuguhkan program-program virtual schooling yang sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak.

"Jadi, cara mengatasinya ya banyak-banyak sabar dan ingat kalau dia anak kecil," terang Gisel.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X