Rektor UI: BUMN sebagai Lokomotif Ekonomi Pasca-pandemi

Kompas.com - 23/05/2020, 07:00 WIB
Prof Ari Kuncoro, SE, MA, PhD yang terpilih sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024. Dok. Universitas IndonesiaProf Ari Kuncoro, SE, MA, PhD yang terpilih sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024.

KOMPAS.com - Rektor Universitas Indonesia ( UI) Prof Ari Kuncoro mengatakan, peran BUMN sangat penting sebagai katalisator dan integrator perubahan bagi masyarakat. Krisis Covid-19 memutus pertemuan antara permintaan dan produksi, sebagai akibat penerapan prosedur kesehatan untuk mencegah penularan.

"Maka dari itu, dibutuhkan mitigasi pertumbuhan ekonomi agar dapat menyelamatkan perekonomian nasional," kata Prof. Ari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

PSBB menjadi pilihan kebijakan yang dijalankan saat ini untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 serta mempertahankan rantai pasokan dan meminimalkan resesi. Peran BUMN sangat dibutuhkan di sini, yaitu untuk menjaga supply chain (rantai pasokan), serta sebagai system integrator ketika kondisi normal baru.

“Kita harus mampu mengoptimalisasi antara paramater relaksasi dan parameter pencegahan virus. Yang dibutuhkan saat ini adalah kesiapan mindset kita untuk menghadapi normal baru,” ujar Prof. Ari.

Prof. Ari menambahkan, “Jangan sampai ketika pemulihan pasca Covid-19 terjadi, barang yang tersedia di pasar hanyalah barang impor. Di sinilah peran penting BUMN untuk menjaga produksi di dalam negeri, sehingga mampu menciptakan nilai tambah untuk membuka kesempatan kerja dan bertumbuhnya modal, agar perekonomian dapat segara pulih berkesinambungan.”

Prof. Ari BUMN dapat menjadi acuan di dalam menjalankan kondisi normal baru dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca juga: Proyek Inovasi Pesawat Tanpa Awak Mahasiswa UI Didanai RISTEK-BRIN

Sebagai contoh, mengawal penerapan teknologi dan informasi komunikasi di tengah beraktivitas; menjaga pertumbuhan bisnis logistik dan transportasi sebagai dampak dari terbatasnya pertemuan fisik; menerapkan otomatisasi/robotisasi di tempat kerja; menjaga produksi alat-alat kesehatan, masker, sanitasi, obat-obatan dan vaksin termasuk herbal dan suplemen; berinovasi pada sektor hotel dan restoran yang diperkirakan akan pulih relatif cepat.

“Bank-bank BUMN juga memiliki peran besar dalam menyelamatkan perekonomian nasional dengan melakukan relaksasi atau restrukturisasi kredit bagi UMKM," kata Prof. Ari.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan “Perubahan yang terjadi akibat Covid-19 menuntut adanya inovasi teknologi di BUMN. Kita mengharapkan Research and Development tidak hanya di BUMN, tapi bisa melakukannya bersama universitas."

"Banyak penemuan dilakukan di universitas karena perguruan tinggi ialah ahlinya, sehingga perlu diciptakan ekosistem yang saling mendukung guna menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat bagi bangsa," tambah Erick.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X