KIP Kuliah Jalur SBMPN dan SBMPTN 2020 Dibuka, Ini Alur Pendaftaran

Kompas.com - 20/05/2020, 10:04 WIB
KIP Kuliah Dok. KemendikbudKIP Kuliah

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah membuat sejumlah keluarga calon mahasiswa mengalami kendala ekonomi. Walau begitu, cita-cita untuk meraih pendidikan tinggi jangan pupus sampai di sini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah ( KIP Kuliah) untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020, serta Seleksi Mandiri PTN.

Pendaftaran KIP Kuliah untuk masing-masing jalur tersebut dibuka pada Senin (18/5/2020). Sedangkan akhir pendaftaran berbeda-beda untuk setiap jalur, yakni:

  • Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah: 26 Februari 2020 - 31 Oktober 2020
  • UTBK-SBMPTN: 18 Mei 2020 - 19 Juni 2020
  • SBMPN: 18 Mei 2020 - 24 Juni 2020
  • Seleksi Mandiri PTN: 18 Mei 2020 - 30 September 2020

Baca juga: Dibuka, Pendaftaran Beasiswa S1 di 8 Perguruan Tinggi BUMN 2020

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh penerima KIP Kuliah, yaitu bantuan biaya pendaftaran ke universitas atau politeknik negeri, biaya pendidikan, hingga biaya hidup setiap bulan sebesar Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) selama menjalani masa kuliah.

Alur pendaftaran KIP Kuliah

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, maka calon mahasiswa perlu mendaftar KIP Kuliah dahulu untuk mendapatkan nomor peserta KIP Kuliah yang diperlukan dalam proses pendaftaran universitas maupun politeknik.

Berikut alur pendaftaran akun KIP Kuliah, merangkum dari laman KIP Kuliah Kemendikbud:

Baca juga: Kominfo Buka Beasiswa Online Academy 2020 Gelombang Dua, Ini Infonya

1. Calon mahasiswa langsung melakukan pendaftaran mandiri di sistem online KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store.

2. Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X