Live IG Kompas.com, Kebangkitan di “Normal Baru” Pendidikan Nasional Kita

Kompas.com - 19/05/2020, 23:07 WIB
Amanda Witdarmono, Chief of Teachers Initiatives Zenius Education. DOK. ZENIUS EDUCATIONAmanda Witdarmono, Chief of Teachers Initiatives Zenius Education.

KOMPAS.com - Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas 2020 ini menjadi momen penting untuk merefleksikan kembali semangat tersebut: apakah pendidikan kita akan mengalami kebangkitan pascapandemi Covid-18? 

Wabah corona tidak hanya hanya memberikan "menyerang" dari segi kesehatan saja namun juga memberikan dampak nyata dalam segala aspek kehidupan, termasuk di dalamnya: dunia pendidikan.

Kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) memaksa sekolah untuk melakukan transformasi pola pembelajaran dari pedagogi klasikal kelas menjadi pembelajaran jarak jauh dari rumah berbasis.

Pada kenyataannya, dunia pendidikan Indonesia masih belum siap dan gagap dalam menghadapi perubahan ini. Tidak ada panduan khusus sebelumnya untuk menghadapi situasi seperti ini.

Covid-19 memberikan sebuah pelajaran berharga, memberikan gambaran bahwa digital learning belum menjadi budaya dalam proses belajar namun masih sebatas menjadi alat untuk mengejar silabus kurikulum.

Dalam pekan edutalk kali ini, Kompas.com bersama dengan Zenius Education, startup pendidikan, dalam rangka memperingati Harkitnas mengangkat tema: Kebangkitan di “Normal Baru” Pendidikan Nasional Kita? yang akan digelar, Rabu, 20 Mei 2020, pukul 11.00 WIB.

Narasumber live streaming Instagram @Kompas.com akan menghadirkan Amanda Witdarmono, Chief of Teachers Initiatives Zenius Education.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom) on May 19, 2020 at 9:34am PDT

Bertepatan di Hari Pendidikan lalu (2/5/2020) Zenius sebagai pelopor layanan belajar daring di Indonesia, kembali menunjukkan komitmen kuatnya dalam upaya pemberdayaan guru-guru di Indonesia melalui program ‘Zenius untuk Guru’.

Program ini didedikasikan membantu para guru menjalankan perannya sebagai garda pendidikan di masa-masa sulit ini.

Amanda Witdarmono, Chief of Teachers Initiatives Zenius Education mengatakan, “Kami mencoba memfasilitasi rekan-rekan guru terutama yang berada di daerah untuk dapat lebih fasih memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran (pedagogi) jarak jauh dan mencoba memberikan jalan keluar bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses."

Platform ini juga memfasilitasi agar sesama guru dapat memberikan dukungan sosial-emosional satu sama lain, untuk menghadapi tekanan ekstra yang diberikan pada mereka untuk menyampaikan pembelajaran di saat krisis sambil tetap mendukung kebutuhan emosional siswa.

Selain itu, setiap minggunya, Zenius mengadakan sesi live sharing tanya jawab interaktif untuk guru melalui akun YouTube Zenius dan live chat .

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X