Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unbraw, Satu-satunya PTN Berstatus BLU di Peringkat 200 Dunia versi THE Impact Ranking 2020

Kompas.com - 25/04/2020, 05:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) UB menjadi satu-satunya perguruan tinggi dengan status BLU (Badan Layanan Umum) yang masuk ke peringkat 200 besar dunia. UB berada di ranking lima tingkat nasional dan posisi 201-300 dunia versi The Higher Education (THE) Impact Ranking 2020.

Dalam pemeringkatan tersebut, UI berada di posisi 47, UGM berada di posisi 72, IPB 77, dan Unpad pada posisi 101-200.

Ketua Pemeringkatan Internasional UB Prof. Setyawan Purnomo Sakti mengatakan bahwa THE Impact Ranking ini menilai perguruan tinggi berdasarkan kontribusinya dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang harus dicapai pada tahun 2030 dan ada 17 kriteria penilaian.

Aspek penilaian pada THE Impact Ranking, antara lain No Poverty, Zero Hunger, Life on Land, dan Sustainable Cities and Communities.

Dalam kategori penilaian tersebut, ranking tertinggi UB ada pada posisi Zero Hunger dan Life on Land.

"THE Impact Ranking ini melihat pada bagaimana peran sebuah perguruan tinggi pada negara dan masyarakatnya. Peran perguruan tinggi tersebut bisa dilihat pada aspek publikasi, inovasi, aksi kegiatan hingga bagaimana hal tersebut memberi dampak ke masyarakat, "kata Prof. Setyawan seperti dikutip dari laman UB.

Baca juga: Ini Prodi Unbraw Terfavorit Peserta SNMPTN 2020

Ia menambahkan bahwa THE Impact Ranking merupakan hal baru dalam dunia pemeringkatan internasional.

Kategori THE Impact Ranking baru dua tahun diadakan. Hal ini menjadi menarik karena THE Impact Ranking memberikan kesempatan sebuah universitas yang mempunyai peran bagus di masyarakat bisa memiliki reputasi yang juga baik.

"Kalau kita melihat dari aspek pemeringkatan konvensional, seperti THE World Ranking dan QS, mereka hanya melihat dari ouput risetnyadan mayoritas yang mendominasi adalah universitas-univertsitas besar, "kata Prof. Setyawan.

Rektor UB, Prof. Nuhfil Hanani A.R mengaku bangga terhadap pencapaian yang diraih oleh UB kali ini.

"Hal ini merupakan prestasi luar biasa. Sebelumnya UB tidak pernah masuk ke peringkat THE Impact Ranking. Dan yang lebih mengejutkan lagi THE Impact Ranking kategori Zero Hunger UB masuk ke peringkat ke-34," jelas Prof. Hanani.

Sebelumnya, untuk versi THE World Ranking, UB menduduki peringkat ke-4 nasional dan 1001+ untuk dunia. Sementara, pada subyek agriculture dan forestry versi QS World, UB berada di posisi 300 besar dunia atau 301-350 dunia.

Nuhfil mengatakan kedepan untuk meningkatkan peringkat internasional, UB akan menggenjot jumlah publikasi melalui program fast track bagi pasca sarjana.

"Mulai tahun ini kita akan mulai genjot fast track program pasca sarjana.Asumsi kita sebuah universitas sitasi akan bagus kalau jumlah mahasiswa pasca sarjana banyak," katanya.

Kontribusi UB

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com