UGM Masuk 50 Kampus Terbaik Dunia Versi THE Impact Ranking

Kompas.com - 23/04/2020, 08:48 WIB
Pada penilaian keseluruhan, UGM ranking 72 dunia versi THE Impact Ranking. DOK.Laman UGMPada penilaian keseluruhan, UGM ranking 72 dunia versi THE Impact Ranking.
|

KOMPAS.com - Kampus negeri ternama yang berada di Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada ( UGM) kembali menunjukkan prestasinya di kancah dunia.

Menurut Times Higher Education (THE) Impact Ranking, UGM menempati peringkat 50 besar terbaik di dunia pada 7 kriteria Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Adapun THE Impact Ranking mengukur dan melihat peran universitas di dunia kepada masyarakat melalui 17 indikator SDGs.

Baca juga: Akademisi UGM: Efektivitas Masker Kain Rendah, Solusinya...

Indikator itu merupakan kesepakatan 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa yang ditetapkan pada 2015 dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat global.

"UGM tetap berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam pengabdian kepada masyarakat," ujar Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng, IPU, ASEAN Eng., seperti dikutip dari laman resmi UGM, Rabu (22/4/2020).

Pihaknya memastikan bahwa UGM selain berdampak positif pada masyarakat, apa yang sudah dijalankan UGM harus mempunyai visibilitas yang tinggi di mata dunia.

THE Impact Ranking tahun ini diikuti 766 institusi bergengsi di seluruh dunia. Pada penilaian keseluruhan, tahun ini UGM menempati posisi 72 dunia.

Hal itu meningkat dari posisi tahun lalu yang berada pada urutan 101-200, dan posisi 50 besar dunia pada salah satu indikator SDGs. Selain itu, UGM:

1. Menempati posisi 16 dunia untuk indikator Tanpa Kelaparan (Zero Hunger)

2. Posisi 24 dunia untuk indikator Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (Partnership for the Goals)

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X