Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unesa Raih 16 Medali Emas hingga Perunggu SEA Games 2023 di Kamboja

KOMPAS.com - Perjuangan kontingen Indonesia dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja patut diapresiasi meskipun banyak cabang olahraga (cabor) unggulan Indonesia yang tidak dipertandingkan.

Namun, tim Merah Putih mampu melampaui target dengan meraih 276 medali, yakni 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Di balik keberhasilan Indonesia menduduki posisi ketiga klasemen akhir perolehan medali, ada peran dan kontribusi mahasiswa, alumni, serta pelatih Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang turut mempersembahkan medali untuk kontingen Indonesia.

Sebagaimana data dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa yang dikutip pada Senin (22/5/2023), untuk cabor Hockey Indoor, tim Indonesia yang turut diperkuat oleh Ilham Wiranata Kusuma (S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK), Andrea Guntara Adivery Sandea (S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK), dan Muhammad Hendri Firdaus (alumnus S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK).

Kemudian ada Ferdian Fathur Rahman (Pendidikan Profesi Guru) dan Abdul Haq Habiburrohim sebagai asisten pelatih (alumnus S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK) yang berhasil menyumbangkan emas.

Kemudian, dalam cabor Hockey Outdoor, tim Merah Putih juga diperkuat mahasiswa Unesa, yaitu Andrea Guntara Adivery Sandea (S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK) berhasil menyabet medali perunggu.

Selanjutnya, pada cabor renang sirip atau finswimming, Muhammad Amirullah Alfarizi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jepang memboyong tiga medali sekaligus, yaitu dua perak dan satu perunggu masing-masing pada nomor 4 x 200m surface relay, 4x100m surface relay, dan 400m surface.

Masih pada cabor yang sama, Wahyu Anggoro Tamtomo, alumnus S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (FIKK Unesa) meraih medali emas.

Selain itu, pada cabor aquathlon, Dea Salsabila Putri, S2 Pendidikan Olahraga Unesa mendapat dua medali sekaligus, yaitu perak pada nomor aquathlon team relay dan perunggu pada nomor aquathlon sprint distance-woman.

Dalam cabor triathlon, Salis Afandi, alumnus FIKK Unesa yang menjadi asisten pelatih turut membantu Indonesia meraih 6 medali (1 emas, 2 perak, dan 3 perunggu).

Lalu, pada cabor sepak takraw, Abdul Muin dari S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (FIKK) mendapatkan emas.

Sedangkan Muhammad Daffa yang dijuluki Golden Boy dari alumnus S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIKK meraih medali emas dalam cabor wushu.

Jika dihitung berdasarkan nomor cab boraik yang individu ataupun tim, total ada 16 medali yang dipersembahkan Unesa dari SEA Games 2023.

Rinciannya, lima medali emas (cabor hockey indoor, renang sirip, sepak takraw, wushu dan triathlon), lima medali perak (cabor renang sirip, aquathlon dan triathlon), dan enam medali perunggu (cabor hockey outdoor, renang sirip, aquthlon, dan triathlon).

https://www.kompas.com/edu/read/2023/05/22/144848171/unesa-raih-16-medali-emas-hingga-perunggu-sea-games-2023-di-kamboja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke