Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Pekerjaan Bersinar di 2024, Lulusan dari Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir sempat mengungkap akan ada 17 juta pekerjaan baru di bidang teknologi dalam beberapa tahun ke depan.

Dengan demikian generasi muda saat ini perlu mempersiapkan kompetensi agar siap terjun di dunia profesional yang Tech-Savvy atau melek teknologi setidaknya di tahun 2024.

"Semua akan teknologi, mau pendidikan, pertanian, pertambangan," tuturnya dalam Kuliah Umum Kebangsaan Kerja Besar untuk Indonesia maju yang digelar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), beberapa waktu lalu.

"Ini era yang berbeda. Kita perlu yang namanya data scientist, AI expert dan game developer," tambahnya.

Erick juga menyebutkan terdapat deretan pekerjaan lain yang paling banyak mencari calon praktisi data atau talenta digital di masa depan, yaitu:

  1. Data Scientist dan Data Analysis
  2. Spesialis artificial intelligence (AI)
  3. Software dan game developer.
  4. Analis Big Data
  5. Block chain developer
  6. Market research
  7. Digital Marketing
  8. Biotechnology
  9. Digital content (Youtuber, TikTok)

Lulusan dari jurusan ini dibutuhkan di bidang teknologi

Data Scientist menjadi salah satu pekerjaannya yang paling cepat pertumbuhannya dan membutuhkan banyak tenaga kerja.

DQLab selaku platform pelatihan online data science di bawah Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic menyebut, semakin masifnya penggunaan teknologi dan aktivitasnya, semakin banyak pula perusahaan yang menggunakan analisis data untuk merancang strategi bisnis.

Dan untuk bisa terjun ke profesi ini, calon pekerja perlu menguasai antara kompetensi Data Science, bahasa pemrograman, Statistik, Data Storytelling, bisnis, dan juga menguasai teknologi canggih.

Untuk mempersiapkan calon talenta data yang andal, DQLab memberikan rekomendasi jurusan kuliah untuk generasi muda guna mempersiapkan kompetensi yang siap bersaing di industri teknologi:

1. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika merupakan jurusan yang yang berfokus pada mengedepankan praktik dan studi lapangan.

Mahasiswa jurusan ini akan belajar banyak seputar algoritma, pemrograman, keamanan komputer, dan lainnya.

Jika kamu memiliki hobi atau rasa tertarik akan menganalisis, maka ini menjadi salah satu jurusan yang tepat untuk menyalurkan talent bakatmu dan bisa berprofesi menjadi praktisi data nantinya seperti programmer, web developer, web engineer, dan Data Scientist.

2. Teknik Komputer

Berbeda dengan jurusan teknik informatika, jurusan satu ini bukanlah jurusan tentang merakit komputer atau laptop.

Pada jurusan teknik komputer atau computer science, pembelajaran memang berhubungan dengan mesin komputer tetapi akan lebih berfokus pada teori dan strategi menerapkan ilmu komputer seperti perancangan, pengembangan dan sistem-sistem berbasis komputer lainnya.

Jurusan ini memberikan beragam pembelajaran yang bisa mengantarkan kariermu di ranah data dan output belajar dari studi teknik komputer. Diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan dan desain sebuah sistem baik software maupun hardware.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Banyak stigma bahwa untuk menjadi praktisi data hanya mereka yang memiliki latar belakang pendidikan IT, namun di era digital yang membutuhkan talenta data, kini lulusan non-IT pun juga memiliki peluang yang sama untuk berkarier di ranah data.

Ilmu komunikasi di bidang data sudah menjadi banyak diincar karena dalam ilmu Komunikasi sendiri pembelajarannya juga terdapat data journalism yang di mana para jurnalis profesional menggunakan sumber informasi yang bersumber dari data serta mengimplementasikan data-driven.

Selain itu, mahasiswa Ilmu Komunikasi juga mempelajari statistik untuk menganalisis data yang telah didapatkan agar dapat menghasilkan sebuah ide pada temuan atau penelitian. Hasil analitik tersebut bisa dijadikan strategi atau mendorong pengembangan kebutuhan di industri nantinya.

4. Fakultas MIPA (Matematika, Statistik, Fisika, Kimia)

Di tahun 2024, peran data menjadi peran yang sangat penting dalam melakukan analisis di berbagai bidang industri.

Diiringi dengan peningkatan penggunaan data, maka semakin banyak perusahaan atau organisasi yang membutuhkan talent data untuk mengatasi permasalahan berdasarkan data.

Fakultas MIPA menjadi fakultas yang dapat mengantarkanmu mendapatkan pekerjaan cemerlang, karena dalam pembelajarannya, mahasiswa di fakultas MIPA akan belajar ilmu Matematika, Statistik, Fisika dan Kimia.

Selain itu, fakultas ini juga memiliki peluang yang sama dengan orang-orang IT sebab orang memiliki latar belakang pendidikan matematika, statistik ataupun fisika yang dianggap siap untuk menghadapi industri data.

Bagi kamu yang ingin berkarier di bidang teknologi, terutama dari jurusan non-IT, ada kesempatan belajar data science gratis dari DQLab UMN di https://dqlab.id/ 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/08/110614271/9-pekerjaan-bersinar-di-2024-lulusan-dari-jurusan-ini-banyak-dibutuhkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke