Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Suka Matematika, Ini 4 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Tepat

KOMPAS.com – Terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih jurusan kuliah bagi para lulusan sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK), salah satunya minat.

Apalagi, jika selama bersekolah tidak berminat atau tidak suka dengan mata pelajaran tertentu, misalnya matematika, maka sebaiknya calon mahasiswa menghindari jurusan kuliah yang mengharuskannya berkutat dengan materi hitung-hitungan.

Sebab, jika memaksakan diri untuk memilih jurusan dengan banyak materi matematika, mahasiswa bisa jadi tidak betah dengan kegiatan kuliah.

Saat ini ada pilihan jurusan kuliah menjanjikan yang tidak mengharuskan mahasiswanya mempelajari matematika secara mendalam.

Hitung-hitungan memang masih akan dibutuhkan, tetapi bukan hitung-hitungan dengan rumus rumit yang memusingkan.

Mungkin, mahasiswa akan butuh hitung-hitungan untuk menghitung biaya produksi sebuah karya atau menghitung jumlah sampel objek penelitian yang diperlukan saat skripsi atau tugas akhir.

Penasaran apa saja jurusan kuliah yang bisa dipilih untuk Anda yang anti dengan pelajaran matematika? Simak daftar berikutnya seperti dirangkum Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com. Senin (31/1/2022).

1. Sastra dan Bahasa Inggris

Anda tidak suka belajar matematika tetapi tertarik dengan sastra dan Bahasa Inggris? Jurusan ini bisa jadi pilihan tepat.

Apabila memilih jurusan Sastra dan Bahasa Inggris, Anda tidak perlu mempelajari matematika secara mendalam dengan berbagai rumus rumit.

Namun, Anda harus siap belajar struktur, pola, dan kalimat Bahasa Inggris lengkap dengan writing, reading, dan speaking.

Selain itu, mahasiswa jurusan sastra dan bahasa biasanya juga akan mempelajari sejarah bahasa, kehidupan masyarakat dan sejarah negara bersangkutan, serta terjemahan.

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan paling favorit di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya perguruan tinggi di Tanah Air yang menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi.

Jika memilih jurusan ini, mahasiswa tidak akan mempelajari rumus matematika, tetapi akan mempelajari cabang ilmu komunikasi yang meliputi multimedia, creative and critical thinking, fotografi, dan lain-lain.

Setalah memasuki semester ketiga, mahasiswa dapat memilih konsentrasi atau peminatan sesuai keinginan.

Misalnya, konsentrasi penulisan naskah, online journalism, creative video digital, event management, public relations, dasar-dasar hubungan masyarakat (humas), dan lainnya.

3. Periklanan atau Advertising

Sebagai salah satu cabang dari ilmu komunikasi, jurusan periklanan atau advertising juga tidak terikat dengan hitung-hitungan yang rumit.

Ketika harus melakukan perhitungan sekali pun, mahasiswa tidak akan dihadapkan dengan rumus sulit, tetapi sekadar hitung-hitungan sederhana untuk kebutuhan karya. Misalnya, menghitung biaya produksi sebuah video iklan.

Selama kuliah, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari dasar-dasar ilmu komunikasi dan periklanan, perencanaan media periklanan, copywriting, hingga kewarganegaraan dan agama.

Lebih lanjut, mahasiswa juga akan mempelajari strategi kreatif periklanan melalui ilustrasi, animasi, fotografi, videografi, desain komunikasi visual, sketsa, serta topografi.

4. Hubungan Masyarakat atau Public Relations

Jurusan Hubungan Masyarakat atau yang lebih banyak dikenal Public Relations (PR) memungkinkan mahasiswa untuk belajar tentang cara membentuk dan mengelola reputasi suatu lembaga atau perusahaan.

Kemampuan yang dibutuhkan di jurusan ini bukan hitung-hitungan seperti dalam pelajaran matematika, tetapi cara bernegosiasi, presentasi, digitalisasi, dan berbagai creative thinking lainnya.

Lulusan Jurusan PR yang dibutuhkan lembaga atau perusahaan adalah seseorang yang memiliki kemampuan di bidang humas dan mengikuti perkembangan teknologi komunikasi terkini.

Selain itu, lulusan Jurusan PR juga dituntut untuk cakap berkomunikasi dengan orang lain dari beragam latar belakang, usia, budaya, dan bahasa.

Nah, itulah empat rekomendasi jurusan kuliah bagi Anda yang tidak suka pelajaran matematika.

Apabila tertarik dengan keempat jurusan di atas, Universitas BSI bisa menjadi pilihan.

Universitas BSI memiliki Fakultas Komunikasi dan Bahasa yang mencakup enam program studi (prodi), yaitu empat prodi Diploma Tiga (D3) dan dua prodi Strata Satu (S1).

Keenam prodi tersebut adalah S1 Ilmu Komunikasi, S1 Sastra Inggris, D3 Hubungan Masyarakat, D3 Penyiaran, D3 Periklanan, dan D3 Bahasa Inggris.

Saat ini, Universitas BSI sudah mulai membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk periode kuliah Maret 2022 dan September 2022.

Jika tertarik mendaftarkan diri, Anda dapat mengunjungi laman
https://bsi.pmbonline.id/ atau mengunduh aplikasi PMB-UBSI di Play Store.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/31/110437671/tidak-suka-matematika-ini-4-rekomendasi-jurusan-kuliah-yang-tepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke