Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkom University dan BRIN Kolaborasi Kembangkan Metaverse

KOMPAS.com - Metaverse kian populer sejak Facebook Inc akhirnya melakukan perubahan nama menjadi "Meta". Perubahan nama ini diumumkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan, Mark Zuckerberg, dalam konferensi tahunan Connect yang digelar Oktober tahun lalu.

Nama Meta Inc diambil dari istilah Metaverse. Menurut Mark, Metaverse akan menjadi dunia virtual 3 dimensi yang dapat dimasuki oleh manusia menggunakan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality. Bahkan, disebut-sebut berhubungan juga dengan blokchain dan aset kripto.

Prediksinya, di Metaverse manusia akan beraktivitas dan bersosialisasi dengan sesama secara virtual. Teknologi metaverse membuat aktivitas dan sosialisasi menjadi tak lagi terbatas oleh jarak dan ruang. Termasuk di dunia pendidikan.

Memperkuat kolaborasi antar kedua institusi dalam pengembangan teknologi Metaverse yang kian ramai diperbincangkan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan kunjungan ke Telkom University, Rabu (12/1/2022).

Plt. Kepala Pusat Riset Informatika BRIN, Didi Rosiyadi menyampaikan bahwa pengembangan Metaverse sudah harus segera dilakukan, mengingat implementasi teknologi ini begitu luas nantinya, seperti pembelajaran mahasiswa secara virtual misalnya.

“Metaverse nampaknya sudah menjadi media baru yang perlu kita pelajari dan persiapkan bersama. Kami pikir Tel-U merupakan salah satu partner terbaik dalam mempelajari teknologi ini, semoga ke depannya kita bersama mampu menelurkan karya metaverse yang baik bagi negeri,” ungkap Didi seperti dilansir dari laman Telkom University, Kamis (13/1/2022).

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerjasama Tel-U, Rina Pudji Astuti menyampaikan, Tel-U memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan bersama untuk pengembangan Metaverse.

“Tel-U memiliki beberapa Research Center dan Laboratory yang siap pakai dan sudah tersedia. Tentu fasilitas tersebut bisa kita gunakan bersama untuk mengembangkan Metaverse. Kami harap kerja sama ini ke depannya bisa menjadi manfaat dan kontribusi bagi negeri,” ungkap Rina.

Usai melakukan diskusi, rombongan BRIN melakukan kunjungan pada beberapa fasilitas pengembangan Metaverse, antara lain Lab Telecom Infra Project (TIP), Advanced Intelligent Communications (AICOMS), Bandung Techno Park (BTP), dan Telkom University Creative Center (TUCC).

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/13/151210371/telkom-university-dan-brin-kolaborasi-kembangkan-metaverse

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke