Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Asyik Ikuti Kuliah Online bagi Mahasiswa Baru

KOMPAS.com - Para mahasiswa baru harus bersabar dulu agar bisa mengikuti kuliah tatap muka di kampus.

Mahasiswa baru masih harus mengikuti kuliah online hingga kondisi pandemi Covid-19 membaik di Indonesia.

Meski belum bisa masuk kuliah dan bertemu teman-teman satu angkatan, mahasiswa baru tetap semangat mengikuti kuliah online.

Dilansir dari akun Instagram resmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Senin (9/8/2021), membagikan tips asyik menghadapi kuliah online bagi para mahasiswa baru. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Tips ikuti kuliah online bagi mahasiswa baru

1. Hadir kuliah tepat waktu

Hadir tepat waktu pada saat kuliah adalah hal wajib bagi mahasiswa.

Apalagi pada kondisi perkuliahan daring seperti sekarang, tentunya lebih mudah dilakukan karena tidak memerlukan perjalanan menuju ruangan kelas.

Hal ini juga menunjukkan rasa hormat kepada dosen yang mengajar. Jangan lupa mengisi presensi ya.

2. Ciptakan suasana yang nyaman

Karena kondisi pandemi saat ini, perkuliahan dilakukan secara daring maka penting untuk menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar.

Pastikan ruangan belajarmu rapi dan bersih agar mood terbangun dengan baik untuk menerima materi yang disampaikan dosen.

Kamu juga bisa mencari suasana baru dengan mengunjungi kafe atau working space lainnya. Namun, pastikan tidak ada suara yang mengganggu kuliah online ya.

3. Singkirkan distraksi

Perkuliahan daring membuat kita harus memperhatikan penjelasan dosen melalui layar gawai atau laptop. Hal ini membutuhkan fokus ekstra karena interaksi online bagaimana pun tidak bisa sama saat interaksi secara langsung.

Maka dari itu, singkirkan distraksi-distraksi yang tidak perlu seperti scroll timeline media sosial dan mengerjakan hal lain yang tidak penting. Kamu harus tetap fokus memperhatikan penjelasan dosen agar ilmu yang diberikan bisa terserap dengan maksimal.

4. Stay hungry

Sebagai mahasiswa dituntut untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ilmu yang diberikan dosen.

Usahakan mengerjakan tugas secara maksimal dengan memperbanyak referensi jurnal atau sumber lain agar wawasanmu semakin luas.

Coba juga untuk mengikuti lomba yang mengasah intelektual seperti PKM, lomba karya tulis atau mengikuti tim lomba yang tersedia.

Hal ini akan mendorongmu untuk mengembangkan ilmu lebih dalam lagi karena lomba tersebut akan menggunakan ilmu yang kamu dapat dari bangku perkuliahan ke tahap yang lebih praktikal.

Bahkan, kamu bisa mendapat ilmu baru dari teman atau dosen pembimbing di tim yang kamu ikuti.

Itulah tips asyik mengikuti kuliah online bagi mahasiswa baru. Meski masih harus mengikuti pembelajaran online di tahun ajaran baru, mahasiswa harus tetap semangat dan memiliki motivasi untuk maju dan berkembang.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/09/135955471/4-tips-asyik-ikuti-kuliah-online-bagi-mahasiswa-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke