Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Cerita “Jalan Sesama” Belajar dari TVRI, 25 Mei 2020

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan "Jalan Sesama" untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tayangan ini bisa disaksikan setiap pagi pada pukul 08.00 WIB.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Jalan Sesama menyuguhkan beragam pembelajaran yang menyenangkan, yang disajikan dengan tokoh utama bernama Putri, Tantan, Momon dan Jabrik.

Anak akan diajak belajar mengenal dasar-dasar huruf dan angka, mendengarkan cerita, bernyanyi dan menari. Melalui berbagai kisah yang mudah dipahami, Penonton diajak mempelajari keterampilan sehari-hari, menjaga lingkungan, perawatan diri dan bersikap mandiri

Meski ditujukan untuk PAUD, sebenarnya tayangan Jalan Sesama menarik juga disaksikan oleh seluruh anggota keluarga, diadaptasi dari tayangan Sesame Street, Jalan Sesama sarat dengan nilai-nilai lokal.

Berikut adalah rangkuman dari tayangan "Jalan Sesama" untuk PAUD pada 25Mei 2020.

Ulang tahun Putri

Besok ulang tahun Putri tetapi Jabrik belum tahu ajan memberi hadiah apa. Jabrik mencari teman yang dapat membantunya menemukan ide kado untuk diberikan kepada Putri.  Mungkin Momon dapat membantu Jabrik.

Jabrik menemui Momon yang sedang sibuk menyelesaikan lukisan wajah Putri untuk hadiah besok. Jabrik mencari teman lain untuk membantunya dan menemui Tantan yang juga sibuk membuat kue untuk putri.

Jabrik merenung karena bingung, tetapi Tantan memberikan ide untuk mengingat-ingat kesukaan Putri. Jabrik ingat kalau Putri menyukai musik. Akhirnya Jabrik akan memberi hadiah sebuah lagu khusus untuk Putri.

Jabrik kemudian pulang dan mengarang sebuah lagu untuk Putri.

Isi tumpeng

Nasi Tumpeng adalah cara penyajian nasi berbentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya; karena itu disebut pula 'nasi tumpeng'.

Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun ada juga yang menggunakan nasi putih biasa atau nasi uduk.

Isi nasi tumpeng beraneka macam yaitu nasi kuning, pisang, tomat, tempe, telur, kacang tanah, ketimun, kedelai hitam, wortel, daun pisang.

Acara "Sisingaan"

Putri pergi keluar Kota bersama Pak Dalang karena akan melihat acara Sisingaan.
Diceritakan ada anak bernama Willy, berumur 7 tahun, tinggal di Subang Jawa Barat. Rumahnya sangat ramai, semua orang mempersiapkan acara Sisingaan.

Di daerahnya untuk anak lelaki muslim yang sudah dianggap besar akan dibuatkan perayaan Sisingaan untuk membuat anak senang dan tidak takut karena besok saat akan di sunat.

Sisingaan terbuat dari kayu, disebut Sisingaan karena bentuknya seperti singa. Nanti Willy akan duduk diatas Sisingaan lalu akan diarak keliling kampung. Willy juga akan memakai baju tradisional dari Jawa Barat.

Menirukan bebek

Elmo bertemu Zoe sedang meniru suara bebek "kwek kwek", mengibarkan tangan seperti sayap, "flap, flap, flap, flap", kemudian menggoyangkan ekor.

Saat sedang menirukan bebek datang seekor anak bebek yang mengira Zoe adalah Ibu bebek dan Elmo sebagai Bapak Bebek.

Bernyanyi bersama

Om Adi MS datang ketika Putri, Jabrik, Momon dan Tantan sedang berlatih musik. Suasana justru menjadi bising karena masing-masing bernyanyi dengan irama berbeda-beda.

Kemudian Om Adie MS mengajak mereka untuk bernyanyi satu lagu yang sama karena. Mereka akan bekerjasama untuk satu lagu yan sama meskipun alat musiknya berbeda.

Kemudian Jabrik mengajak untuk memilih satu lagu. Mereka kemudian bernyayi dengan lagu yang sama.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/25/220251471/rangkuman-cerita-jalan-sesama-belajar-dari-tvri-25-mei-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke