Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Destinasi Wisata di Planet Mars, Tertarik Kunjungi di Masa Depan?

Kompas.com - 28/05/2022, 10:25 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kepindahan manusia dari Planet Bumi ke Planet Mars di masa depan menjadi topik hangat yang selalu dibicarakan. Salah satu orang yang kerap melontarkan soal perpindahan manusia dari Planet Bumi ke Planet Mars adalah Elon Musk.

Seperti yang baru-baru ini dilontarkan oleh CEO Tesla sekaligus orang terkaya di dunia itu. Elon Musk mengajak masyarakat Indonesia untuk turut serta pindah dari Planet Bumi ke Planet Mars.

Hal itu ia sampaikan saat ditanya oleh wartawan di tengah perjumpaannya dengan Presiden Joko Widodo di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/5/2022).

"Seperti yang saya katakan, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam berbagai hal. Indonesia memiliki populasi yang besar dan terus tumbuh," kata Elon Musk.

"Ini sangat baik, karena kami membutuhkan banyak orang untuk masa depan dan juga (pindah ke) Mars," imbuhnya.

Baca juga: Saat Elon Musk Ajak Warga Indonesia Pindah ke Planet Mars…

Meski perpindahan manusia dari Bumi ke Mars saat ini masih sebatas angan, bukan tak mungkin di masa depan hal itu benar-benar terjadi. Mars bisa menjadi planet dengan lokasi wisata yang luar biasa di masa depan untuk dijelajahi.

Dilansir dari Space, setidaknya ada delapan lokasi wisata Planet Mars yang bisa dikunjungi di masa mendatang. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Olympus Mons

Mars memiliki gunung tertinggi di seluruh tata surya. Gunung tersebut adalah Olympus Mons. Tingginya mencapai 25 kilometer atau hampir tiga kali tinggi Gunung Everest.

Gunung ini terletak di wilayah vulkanik Tharsis, luasnya hampir sama dengan negara bagian Arizona di Amerika Serikat.

Tak hanya menjadi gunung tertinggi di tata surya, Olympus Mons juga merupakan gunung berapi perisai raksasa yang terbentuk setelah lava perlahan merayap menuruni lerengnya.

Di puncak gunung ini ini terdapat depresi spektakuler dengan lebar sekitar 85 kilometer, dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava dan runtuh.

Gunung berapi ini mungkin bisa menjadi salah satu destinasi wisata Mars, karena dengan struktur topografinya, Gunung Olympus Mons akan mudah didaki oleh penjelajah masa depan dikarenakan mempunyai kemiringan rata-rata hanya 5 persen.

Olympus Mons merupakan gunung berapi terbesar di Tata Surya.NASA/MOLA Science Team/ O. de Goursac, Adrian Lark Olympus Mons merupakan gunung berapi terbesar di Tata Surya.

2. Pegunungan Tharsis

Wilayah Tharsis memiliki banyak gunung berapi yang tinggi. Tharsis menampung 12 gunung berapi raksasa di zona yang lebarnya kira-kira 4.000 km.

Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di bumi, mungkin karena Mars mempunyai tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi.

Gunung berapi ini kemungkinan telah meletus selama dua miliar tahun atau setengah dari sejarah Planet Mars.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com