Hendak Akhiri Perang, Zelensky Hanya Ingin Bertemu Putin

Kompas.com - 28/05/2022, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Perang antara Ukraina dengan Rusia belum juga berakhir meski telah berlangsung selama lebih dari tiga bulan.

Berbagai upaya dari banyak pihak pun belum bisa mendamaikan kedua negara. Sanksi terhadap Rusia juga tidak membuat negara tersebut mengehentikan invasinya ke Ukraina.

Sementara itu, sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (24/5/2022), Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa dia hanya ingin bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk membahas soal mengakhiri perang.

"Presiden Federasi Rusia yang memutuskan semuanya," kata Zelensky.

"Jika kita berbicara tentang mengakhiri perang ini tanpa dia secara pribadi, keputusan itu tidak dapat diambil," imbuhnya.

Baca juga: Mark Zuckerberg Dilarang Masuk Rusia Selamanya, Apa Penyebabnya?

Zelensky menambahkan, mengatur jadwal pembicaraan dengan Rusia kini menjadi lebih sulit setelah adanya bukti-bukti serangan Rusia terhadap warga sipil di Ukraina.

Zelensky menjelaskan, temuan pembunuhan massal di daerah-daerah yang diduduki pasukan Rusia pada awal perang khususnya di luar Kyiv membuat lebih sulit mengatur pembicaraan dengan Putin, sedangkan dia tidak ingin berdiskusi dengan pejabat Rusia lainnya.

"Saya tidak bisa menerima pertemuan apa pun dengan siapa pun yang datang dari Federasi Rusia selain presiden (Putin)," tegasnya.

Para perunding Rusia dan Ukraina pun telah mengadakan pembicaraan sejak pasukan Rusia menyerbu Ukraina pada akhir Februari 2022 lalu, tetapi kedua pihak menyebut bahwa pembicaraan kini terhenti.

Zelensky menjelaskan di televisi Ukraina pekan lalu, tidak mungkin menghentikan perang tanpa melibatkan semacam diplomasi antara kedua pihak.

Baca juga: Anjlok Akibat Sanksi, Rusia Diprediksi Butuh Waktu Lama untuk Pulihkan Ekonominya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.