Kidal, Apa Penyebab Orang Gunakan Tangan Kiri Saat Mengerjakan Sesuatu?

Kompas.com - 22/05/2022, 22:35 WIB

KOMPAS.com - Para Ilmuan mempelajari mengenai preferensi penggunaan tangan manusia.

Kebanyakan orang mengerjakan semua pekerjaan, seperti menulis, menyuap makanan, memotong, dan lain-lain, menggunakan tangan kanan.

Namun, ada pula yang terbiasa mengerjakan atau memegang sesuatu menggunakan tangan kiri, yang biasa disebut kidal.

Studi para ilmuwan ini pun berhasil menjawab pertanyaan kenapa ada orang yang kidal dan kenapa pula jumlah mereka lebih sedikit?

Kenapa ada orang yang kidal?

Dilansir dari Scientific American, para peneliti yang mempelajari preferensi tangan manusia sepakat bahwa sisi tangan yang disukai (kanan versus kiri) dihasilkan oleh penyebab biologis dan, kemungkinan besar, faktor genetik.

Baca juga: Profil Mychelle Chrystine Bandaso, Si Kidal Kelahiran Kaltara

Dua teori genetik preferensi tangan manusia yang paling banyak dipublikasikan berpendapat bahwa seleksi alam evolusioner menghasilkan mayoritas individu dengan kontrol bicara dan bahasa di belahan otak kiri.

Belahan otak kiri ini mengontrol gerakan tangan kanan, terutama gerakan yang diperlukan untuk menghasilkan bahasa tertulis. Beribu-ribu tahun perkembangan evolusi menghasilkan populasi manusia yang bias secara genetik terhadap individu dengan kontrol di belahan kiri kiri dan preferensi tangan kanan.

Teori-teori ini juga mencoba menjelaskan keberadaan minoritas kidal yang terus-menerus dan berkelanjutan (sekitar 15 persen manusia).

Usulan genetik untuk menjelaskan preferensi tangan menyatakan bahwa ada dua alel, atau dua manifestasi dari gen di lokasi genetik yang sama, yang berhubungan dengan preferensi tangan.

Salah satu alel ini adalah gen D (untuk dekstral yang berarti 'kanan') dan alel lainnya adalah gen C (untuk 'chance').

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.