Bukan di Bumi, Gunung Tertinggi di Tata Surya Ternyata Ada di Planet Mars

Kompas.com - 22/05/2022, 23:50 WIB

KOMPAS.com - Bumi, planet yang dihuni oleh manusia, memiliki banyak gunung-gunung yang tinggi. Sebut saja Gunung Everest yang memiliki tinggi 8.840 meter di atas permukaan laut.

Kemudian ada Gunung Mauna Kea, yang menurut Guinness World Record, adalah gunung tertinggi di planet Bumi. Gunung Mauna yang berlokasi di Kepulauan Hawaii, memang hanya memiliki tinggi 4.025 mdpl.

Namun apabila diukur dari dasar bumi, jauh di kedalaman Samudera Pasifik, sampai mdpl, total ketinggian Gunung Mauna Kea adalah 10.210 meter. Badan dari Gunung Mauna Kea terletak sekitar 6.000 meter di bawah permukaan laut.

Meski memiliki banyak gunung tinggi, bila dibandingkan dengan gunung-gunung di planet lain di Tata Surya, tinggi gunung di bumi termasuk kecil.

Baca juga: Di Mana Gunung Tertinggi di Tata Surya?

Gunung tertinggi di tata surya

Gunung tertinggi di tata surya berada di Planet Mars. Dilansir dari NASA (15/4/2022), gunung yang dimaksud adalah Gunung Olympus atau Olympus Mons.

Tinggi Olympus Mons adalah sekitar 16 mil atau 84.480 kaki (25 kilometer) di atas permukaan planet. Jelas jauh lebih tinggi dari gunung-gunung di planet Bumi.

Tak hanya Olympus Mons, di planet Mars juga banyak gunung-gunung lainnya yang berukuran besar. Hal ini bukan tanpa alasan. Pada mulanya, Mars memiliki gunung berapi yang benar-benar aktif, berisi gumpalan batu panas yang bergerak naik dari dalam.

Namun berbeda dengan di Bumi, Mars tidak memiliki lempeng tektonik yang bergerak di atas hotspot. Hal ini bisa dilihat di wilayah kepulauan Hawaii.

Karena alasan tersebut, gunung di Mars tidak berbentuk rantai gunung api, tapi justru bertambah tinggi. Ditambah dengan gravitasi yang lebih rendah di Mars, magma itu bisa didorong ke ketinggian yang lebih tinggi.

Fakta menarik kedua adalah Olympus Mons begitu besar pada dasarnya, sehingga seorang astronot di puncaknya tidak akan tahu bahwa dia sedang berdiri di atas gunung, karena kemiringannya akan tertutup oleh lengkungan planet itu sendiri.

Baca juga: Inilah Olympus Mons, Gunung Berapi Terbesar di Tata Surya

Lekukan raksasa di permukaan Planet Mars. Fitur geologis ini diambil robot pengorbit ESA.ESA/DLR/FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO via SCIENCE ALERT Lekukan raksasa di permukaan Planet Mars. Fitur geologis ini diambil robot pengorbit ESA.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.