Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Termasuk Kopi, Ini Minuman yang Harus Dihindari saat Sahur

Kompas.com - 30/04/2022, 04:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Sahur merupakan faktor penting penyebab tubuh tetap bisa fit selama menjalani ibadah puasa. Karena itu, ketika memilih menu sahur disarankan tidak asal memilih begitu saja.

Salah satu menu sahur yang paling disarankan adalah air putih. Sebab selama puasa tubuh tidak menerima asupan cairan, jadi perlu asupan air yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Seperti diketahui bahwa 60 –70% dari tubuh terbuat air.

Itu artinya setiap pengurangan asupan cairan, dapat memengaruhi sel-sel tubuh dan mengganggu saraf berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan hingga kulit kering.

Baca juga: Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Kendati begitu, tidak semua jenis minuman cocok dikonsumsi saat sahur. Alih-alih memenuhi kebutuhan cairan tubuh, beberapa jenis minuman berikut ini justru bisa berefek buruk pada tubuh apabila dikonsumsi saat sahur.

Berikut ini adalah minuman yang harus dihindari saat sahur:

1. Minuman berkafein: kopi dan teh

Jenis minuman yang pertama yang perlu dihindari saat sahur adalah teh dan kopi. Alasannya adalah karena kedua minuman tersebut mengandung kafein, terutama kopi yang memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi.

Kafein dapat menyebabkan hilangnya air dalam tubuh yang justru bisa meningkatkan rasa haus. Terlebih lagi, minuman manis dicerna dengan sangat cepat dan bisa membuat Anda merasa lapar lebih cepat dari seharusnya.

Melansir Kompas.com (25/4/2022), Nour Zibdeh, ahli diet terdaftar dan spesialis kesehatan pencernaan yang berbasis di Virginia, AS, mengatakan, minum kopi di bulan puasa lebih dianjurkan setelah berbuka ketimbang saat sahur.

“Saya biasanya minum secangkir kopi sekitar jam 8 malam. Strategi ini cukup membantu menambah energi saat harus bersosialisasi dan beribadah di malam hari,” ujarnya.

Cara ini juga dapat membantu Anda yang terbiasa minum beberapa cangkir kopi atau teh di siang hari. Karena kandungan kafein di dalam kopi dan teh adalah zat adiktif, yang mana bisa memicu sakit kepala saat Anda berhenti mengonsumsinya tiba-tiba.

Namun sebagai catatan, konsumsi kopi setelah berbuka puasa juga perlu dibatasi sebab jika terlalu berlebih malah akan bisa mengganggu waktu tidur Anda.

Baca juga: 5 Buah yang Cocok Jadi Menu Sahur, Bantu Tubuh Tetap Fit saat Puasa

Ilustrasi minum kopi saat bulan puasa, waktu yang tepat untuk minum kopi saat bulan puasa. Shutterstock/ViChizh Ilustrasi minum kopi saat bulan puasa, waktu yang tepat untuk minum kopi saat bulan puasa.

2. Minuman bersoda

Setelah minuman berkafein, jenis minuman lainnya yang perlu dihindari saat sahur adalah minuman bersoda.

Sebab minuman bersoda bisa menimbulkan masalah pada pencernaan seperti menurunkan kualitas pencernaan.

Minum minuman bersoda atau minuman ringan lainnya, akan membuat perut terasa penuh dan menunda proses pencernaan.

Minuman terbaik adalah air putih

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, mencukupi asupan air saat sahur adalah hal yang sangat penting. Cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah minum air putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com