Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keutamaan Malam Lailatul Qadar serta Amalan pada Malam Seribu Bulan

Kompas.com - 23/04/2022, 05:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan menjadi istimewa bagi Muslim di seluruh dunia, karena pada bulan inilah terdapat dua peristiwa penting yakni Nuzulul Quran dan malam Lailatul Qadar.

Oleh sebab itu, selain menjalankan ibadah wajib, Umat Islam pun dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan pada malam Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar saat bulan Ramadhan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Surakarta, Dr Syamsul Bakri mengatakan, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap, yang diperingati pada malam 17 Ramadhan.

Pada tanggal tersebut, terjadi peristiwa turunnya ayat pertama Al Quran, yakni surat Al-Alaq ayat 1-5, yang terjadi pada 17 Ramadhan melalui perantara malaikat Jibril.

Sementara itu, malam Lailatul Qadar disebut memiliki kebaikan setara dengan seribu bulan, sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Qadr ayat 1-5.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Berat Badan Naik saat Puasa Ramadhan

Meskipun malam Lailatul Qadar ini tidak diketahui waktu datangnya, namun menurut beberapa ulama, umat Islam diminta untuk mencarinya pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Seperti yang dikatakan oleh Rasulullah: "Carilah malam Lailatul Qadar pada malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan." (HR. Imam Bukhari).

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (11/5/2020), berikut ini lima amalan yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar:

1. Shalat malam

Shalat malam adalah shalat sunnah yang dilakukan antara waktu Isya dan Subuh, di antaranya adalah shalat tarawih, shalat witir, dan shalat tahajud.

Rasulullah bahkan menyebut shalat malam merupakan shalat yang paling utama setelah shalat lima waktu (maktubah), seperti dalam sabdanya:

"Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baiknya shalat setelah shalat fardlu adalah shalat malam." (HR Muslim).

Baca juga: Tahun 2030 Umat Islam Rayakan 2 Kali Ramadhan dalam Setahun, Ini Penyebabnya

2. Iktikaf

Umat Muslim dapat melakukan Iktikaf untuk menyambut kedatangan malam Lailatul Qadar. Iktikaf adalah berdiam diri di masjid dengan tujuan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Akan tetapi, Iktikaf bukanlah amalan yang diwajibkan, tetapi sunnah atau boleh tidak dilakukan. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

"Sungguh saya beritikaf pada sepuluh hari awal Ramadhan untuk mencari malam kemuliaan, kemudian saya beritikaf pada sepuluh hari pertengahan Ramadhan, kemudian Jibril mendatangiku dan memberitakan bahwa malam kemuliaan terdapat di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Barangsiapa yang ingin beritikaf, hendaklah dia beritikaf (untuk mencari malam tersebut)." (HR Muslim: 1167).

3. Zikir

Amalan berikutnya yang dapat dilakukan umat Muslim pada bulan Ramadhan adalah memperbanyak zikir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com