5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Berat Badan Naik saat Puasa Ramadhan

Kompas.com - 17/04/2022, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Muslim. Secara harfiah, puasa Ramadhan adalah tidak makan dan minum sejak terbitnya fajar (Subuh) hingga terbenamnya Matahari (Maghrib).

Meski tidak ada asupan ke tubuh selama lebih dari 12 jam, tidak sedikit orang yang justru mengalami kenaikan berat badan selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan yang dilakukan di saat sahur dan berbuka puasa. Pada dua waktu tersebut, sering kali orang tidak memerhatikan makanan apa saja yang ia konsumsi.

Baca juga: Hindari 5 Kebiasan Ini untuk Cegah Kenaikan Berat Badan Selama Puasa

Sebagai pengingat, bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah berat badan, berikut ini adalah 5 kebiasaan yang bisa memicu berat badan naik saat puasa.

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi

Saat berpuasa, asupan makanan ke tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Baik itu ketika sahur maupun saat berbuka puasa. Ketika berbuka, banyak orang yang memilih menu hidangan yang manis dan berkalori tinggi.

Padahal, mengonsumsi makanan berkalori tinggi terlalu sering, bahkan setiap hari, menyebabkan tubuh menjadi cepat gemuk.

Agar berat badan lebih terkontrol saat puasa, fokuslah pada pemilihan makanan sehat dan bergizi serta mengandung banyak serat. Hindari goreng-gorengan, minuman atau makanan tinggi gula, dan makanan berlemak.

2. Melewatkan makan sahur

Makan sahur saat berpuasa sangatlah penting agar tubuh bisa tetap fit ketika menjalani aktivitas di siang hari. Namun, ada kalanya seseorang melewatkan makan sahur.

Membiasakan diri tidak makan sahur bisa membuat tubuh terasa kelaparan saat berpuasa. Akibatnya, ketika berbuka, nafsu makan kemungkinan menjadi tidak terkontrol. Untuk itu, hindari kebiasaan ini dan terapkan makan sahur di waktu yang tepat.

Baca juga: Rekomendasi Menu Sahur Sehat agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa

Berat badan sering kali naik padahal tubuh sudah menahan lapar dan haus selama hampir 14 jam pada bulan Ramadhan. Kenapa?THINKSTOCKPHOTOS Berat badan sering kali naik padahal tubuh sudah menahan lapar dan haus selama hampir 14 jam pada bulan Ramadhan. Kenapa?

3. Makan terlalu banyak

Penurunan berat badan akan terjadi jika kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit daripada kalori yang keluar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.