Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Shopee Berhenti Beroperasi di India pada Maret 2022

Kompas.com - 01/04/2022, 21:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Shopee memutuskan untuk menghentikan bisnisnya di India pada Maret 2022, meski baru enam bulan beroperasi.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (29/3/2022), juru bicara Shopee menjelaskan, e-commerce raksasa itu memutuskan untuk berhenti beroperasi di India karena ketidakpastian yang kini melanda pasar global.

Akan tetapi, juru bicara Shopee itu tidak menjelaskan secara rinci tentang maksud dari ketidakpastian yang melanda pasar global tersebut.

Meski begitu, dia mengatakan, Shopee akan membantu para penjual yang telah bergabung dengan Shopee untuk melakukan proses penutupan toko online secara lancar.

"Selama masa transisi ini, kami akan fokus untuk mendukung komunitas penjual dan pembeli lokal (India), begitu juga tim lokal, untuk membuat prosesnya (penutupan toko) selancar mungkin," kata seorang juru bicara Shopee, dikutip dari TechCrunch melalui KOMPAS.com.

Baca juga: Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Pihak Shopee menuturkan bahwa mereka akan terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi komunitas global dan memperbaiki kehidupan pengguna yang kurang terlayani melalui teknologi.

Rencananya, Shopee akan menutup layanannya di India dan memproses seluruh pesanan yang masuk sebelum Selasa (29/3/2022) dini hari waktu setempat.

Setelah itu, Shopee akan membuka layanan after sales dan menerima keluhan pelanggan, selama beberapa waktu selanjutnya.

Shopee India beroperasi pada Oktober 2021

Shopee resmi beroperasi di India pada Oktober 2021 lalu. Shopee pun langsung menawarkan beragam benefit bagi para pengguna lokal, seperti gratis ongkos kirim (ongkir) dan biaya admin..

Peluncuran Shopee di India ternyata tidak disambut baik. Pasalnya, salah satu organisasi yang menghimpun para pedagang India (CAIT) sempat mengkritik Shopee dan protes kepada pemerintah, termasuk kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Baca juga: Syarat dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

CAIT khawatir kehadiran Shopee justru mengancam para pedagang lokal dan ekosistem pasar atau e-commerce yang telah lebih dulu beroperasi di India, seperti Meesho dan Flipkart.

Hengkangnya Shopee dari India terjadi sekira satu bulan setelah produk buatan Sea Group Limited lainnya, Free Fire dari Garena, diblokir di India pada Februari lalu.

Meski begitu, penutupan Shopee di India disebut tak berkaitan dengan pemblokiran Free Fire di India.

(Penulis: Bill Clinten | Editor: Reza Wahyudi)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com