Ingin Dapat Beasiswa Kuliah S2 di Inggris Tanpa Batasan Usia? Ini Caranya

Kompas.com - 29/03/2022, 05:15 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Biasanya salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri adalah ada batasan usia.

Bagi Anda yang sudah "senior", terkadang sulit untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri karena terbentur masalah umur.

Namun ada caranya agar Anda bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri tanpa terkendala usia, yakni dengan mendaftar ke Chevening.

Chevening merupakan lembaga pemberi beasiswa yang dibiayai Pemerintah Inggris. Lembaga ini setiap tahun membuka pendaftaran beasiswa Master Degree atau S2 untuk warga di 126 negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Kisah Amar Alfikar, Aktivis Transgender yang Kuliah di Inggris setelah Berkali-kali Gagal Raih Beasiswa

Untuk Indonesia sendiri, Chevening memberikan kuota beasiswa sangat banyak.

Rowena Rompas, Scholarship and Alumni Coordinator pada Biritsh Embassy, kepada Kompas.com, Sabtu (26/3/2022) menjelaskan, hingga saat ini sudah ada sekitar 50.000 alumni Chevening di dunia. Sebanyak 1.900 di antaranya adalah warga Indonesia.

"Kami menyediakan kuota beasiswa untuk 126 negara, salah satunya Indonesia. Kuota untuk Indonesia sendiri sangat banyak," kata Rowena.

Kelebihan Chevening

Rowena menjelaskan kelebihan Chevening dari program beasiswa S2 lainnya untuk luar negeri. Disebutkan, Chvening tidak membatasi usia peserta. Calon mahasiswa dari umur berapa pun bisa mendaftar ke Chevening.

"Yang penting lulus S1 karena program Chevening ini untuk S2, yaitu Master Degree di UK universities (universitas-universitas di Inggris Raya)," kata Rowena melalui Zoom Meeting kepada Kompas.com, Jumat malam.

Ia melanjutkan, kelebihan lainnya dari Chevening ini adalah para lulusannya bisa berjejaring dengan 50.000 alumni yang tersebar di dunia, bukan hanya di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.