Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat dan Cara Daftar Beasiswa Pertamina 2022

Kompas.com - 19/03/2022, 17:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Beasiswa Pertamina Sobat Bumi kembali dibuka oleh PT Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation.

PT Pertamina dan Pertamina Foundation berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menuju Indonesia maju dan sejahtera, serta memberi bekal kepada generasi muda dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreatifitas, inovasi, dan teknologi.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah memajukan kualitas di bidang pendidikan, dengan memberikan beasiswa untuk putra-putri terbaik di seluruh Indonesia.

Sebagai bentuk komitmen tersebut, dibukalah beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 yang merupakan salah satu dari empat beasiswa PFprestasi.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 adalah bentuk apresiasi bagi mahasiswa yang berprestasi secara akademik, aktif organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Baca juga: Beasiswa LPDP Dibuka, Berikut Ini Jadwal dan Tahapan Penerimaannya

Periode pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dilaksanakan pada 17 Maret - 17 April 2022.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (18/3/2022), berikut ini ketentuan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S1 Reguler 2022:

Cakupan beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022

Komponen bantuan beasiswa yang diberikan meliputi:

1. Bantuan biaya pendidikan: Bantuan untuk pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Perguruan Tinggi termasuk pembayaran praktikum, buku, dan pembinaan mahasiswa.

2. Bantuan biaya hidup: Bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan. Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan.

Baca juga: 5 Kampus Kedokteran di Luar Negeri yang Tawarkan Beasiswa, Berminat?

Jika mahasiswa atau mahasiswi mengajukan cuti kuliah dan tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan, maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa bersangkutan menyelesaikan cutinya.

3. Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi: Penerima beasiswa diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan, dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar.

Bantuan yang bersifat stimulan diberikan dengan besaran yang disesuaikan dengan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok.

4. Training Capacity Building: Penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individual yang dikoordinasi oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, keterampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.

5. Gathering Sobat Bumi (atau kegiatan sejenisnya): Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi atau pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building.

Baca juga: Ingin Kuliah S1 Gratis di Timur Tengah? Ada Beasiswa Al-Qasimia University

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com