Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa LPDP Dibuka, Berikut Ini Jadwal dan Tahapan Penerimaannya

Kompas.com - 26/02/2022, 11:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan bahwa Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) resmi dibuka pada Jumat (25/2/2022).

Rencananya, pendaftaran beasiswa LPDP akan dibuka hingga tanggal 27 Maret 2022, sedangkan periode kedua pendaftaran beasiswa LPDP akan dibuka pada 4 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (25/2/2022), Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengatakan, masyarakat yang membutuhkan dana pendidikan dipersilakan untuk mendaftar beasiswa LPDP.

"Silakan semuanya mendaftar. Mari berkompetisi secara sehat dan terbuka," ujar Sri Mulyani dalam pembukaan beasiswa LPDP, Jumat (25/2/2022).

Baca juga: 5 Kampus Kedokteran di Luar Negeri yang Tawarkan Beasiswa, Berminat?

Terdapat tahap seleksi beasiswa LPDP, yakni seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Seleksi administrasi akan dimulai pada 28 Maret 2022 dan hasilnya bakal diumumkan pada 12 April 2022.

Seleksi bakat skolastik akan digelar pada 18 April 2022 dan hasilnya akan disampaikan pada 27 April 2022.

Selanjutnya seleksi substansi akan dilakukan pada 16 Mei 2022 sampai 25 Juni 2022 dan penerima beasiswa LPDP akan diumumkan pada 30 Juni 2022.

"Jika mendapatkan award dari LPDP, Anda menjadi salah seorang dari ribuan yang mendapatkan privilege. Kalau Anda belum mendapatkan dan gagal dalam kompetisi, silakan Anda mencoba kembali," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Ingin Kuliah S1 Gratis di Timur Tengah? Ada Beasiswa Al-Qasimia University

Sri Mulyani menjelaskan, beasiswa LPDP terbagi menjadi tiga jenis untuk tiga kelompok penerima, yakni beasiswa afirmasi, beasiswa khusus, dan beasiswa reguler.

Beasiswa afirmasi ditujukan untuk kelompok disabilitas, peserta di daerah terpencil hingga terluar, penerima KKS, dan penerima bidik misi ketika menempuh pendidikan S1.

Menurut Sri Mulyani, masyarakat yang termasuk dalam kelompok tersebut harus diberikan kesempatan mengakses pendidikan layak yang sama.

Pemerintah pun kini disebut menargetkan 96 kabupaten dan kota yang masuk dalam kategori 3T.

"Program afirmasi kepada putra putri di Papua, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, itu masuk dalam klasifikasi beasiswa afirmasi. Kita harap instrumen LPDP bisa menjawab permasalahan tersebut," ungkapnya.

Beasiswa LPDP khusus diberikan kepada PNS dan anggota TNI atau Polri, sedangkan program beasiswa reguler terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia.

"Selalu ada jalan yang terbuka bagi orang yang tidak pernah putus asa dan tidak menyerah untuk meraih mimpinya," pungkasnya.

(Penulis: Fika Nurul Ulya | Editor: Aprillia Ika)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com