Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Invasi Ukraina, Bagaimana Perbandingan Kekuatan Militer Keduanya?

Kompas.com - 26/02/2022, 06:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Rusia resmi menginvasi negara tetangganya Ukraina. Pengumuman operasi militer itu disampaikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin yang disiarkan secara langsung melalui siaran televisi pada Kamis (24/2/2022).

Invasi Rusia dimulai di wilayah Donbas, Ukraina bagian timur. Serangan Rusia terus meluas ke beberapa wilayah Ukraina lainnya, termasuk di wilayah Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Rusia mengklaim telah melumpuhkan lebih dari 70 fasilitas infrastruktur darat milik Ukraina pada hari pertama serangan. Bekas pembangkit listrik tenaga nuklir, Chernobyl, jadi salah satu bagian yang berhasil dikuasai oleh Pasukan Moskwa di Ukraina.

Baca juga: Apa Penyebab Rusia Menyerang Ukraina?

Sementara itu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan, sebanyak 137 warga negaranya tewas di hari pertama invasi Rusia ke Ukraina.

Serangan Rusia ke Ukraina ini memicu reaksi dunia internasional. Namun Putin mengancam akan ada konsekuensi bagi negara lain yang ikut campur dan mengganggu keamanan warga Rusia.

Kedekatan Ukraina dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menjadi salah satu penyebab memanasnya hubungan Rusia dan Ukraina.

Prajurit Rusia mengendarai tank selama latihan militer di Wilayah Leningrad, Rusia, dalam gambar selebaran ini yang dirilis pada Senin (14/2/2022). Kementerian Pertahanan Rusia/Handout via REUTERS/File Photo Prajurit Rusia mengendarai tank selama latihan militer di Wilayah Leningrad, Rusia, dalam gambar selebaran ini yang dirilis pada Senin (14/2/2022).

Perbandingan kekuatan militer Rusia-Ukraina

Baik Rusia maupun Ukraina, keduanya adalah sama-sama negara pecahan Union of Soviet Socialist Republics (USSR) atau Uni Soviet.

Setelah keruntuhan Uni Soviet pada 1991, Ukraina menjadi negara merdeka dan memutuskan berjarak dari Rusia.

Baca juga: [Kabar Data] Perbandingan Kekuatan Militer Ukraina vs Rusia

 

Hubungan kedua negara bertetangga ini memang mengalami pasang-surut, dan ketegangan baru-baru ini bukan yang kali pertama terjadi di antara kedua negara.

Lalu bagaimana perbandingan kekuatan militer keduanya?

Seperti diberitakan Kompas.com (5/2/2022), Rusia adalah salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Data dari Stockholm International Peace Research (SIPRI) menyebutkan, Rusia menghabiskan lebih banyak uang untuk belanja militer dibanding Ukraina.

Rusia menghabiskan 61,7 miliar dollar AS pada tahun 2020 untuk belanja militer atau 11,4 persen dari total anggaran belanja negara.

Sebagai perbandingan, pada tahun yang sama Ukraina menghabiskan 5,9 miliar dollar AS untuk militernya atau 8,8 persen dari total anggaran belanja negara.

Seorang wanita memegang salib saat berdoa di alun-alun Kemerdekaan di Kiev, Ukraina, Kamis (24/2/2022). Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan operasi militer skala penuh di Ukraina pada Kamis pagi, memberitahu pasukan Ukraina untuk meletakkan senjata mereka dan memperingatkan setiap pasukan yang mengganggu akan menghadapi konsekuensinya.AFP/DANIEL LEAL Seorang wanita memegang salib saat berdoa di alun-alun Kemerdekaan di Kiev, Ukraina, Kamis (24/2/2022). Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan operasi militer skala penuh di Ukraina pada Kamis pagi, memberitahu pasukan Ukraina untuk meletakkan senjata mereka dan memperingatkan setiap pasukan yang mengganggu akan menghadapi konsekuensinya.

Baca juga: Rusia Serang Ukraina, 100.000 Warga Tinggalkan Rumah, Sebagian Mengungsi ke Luar Negeri

Secara teori, Rusia bisa saja menyapu Ukraina dari timur, utara, dan selatan guna menyingkirkan pemerintah Ukraina yang terpilih secara demokratis. Rusia juga bisa mengerahkan pasukan dari Crimea, Belarus, dan perbatasan di bagian timur.

Namun, Ukraina telah membangun Angkatan Bersenjata mereka selama beberapa tahun terakhir. Militer Ukraina juga sudah merekrut ratusan ribu orang untuk bergabung dengan pasukan cadangan.

Pejabat militer Amerika Serikat Mark Milley menilai besaran pasukan Rusia akan membuat konflik di kawasan padat pemukiman "mengerikan".

Selain itu, Putin juga punya pilihan lain: menerapkan larangan terbang atau memblokade pelabuhan-pelabuhan Ukraina, atau menempatkan senjata nuklir di Belarus, tetangga Ukraina.

Baca juga: Ancaman Krisis Baru Akibat Konflik Rusia Vs Ukraina

Berikut perbandingan kekuatan militer Ukraina vs Rusia:

Sumber: Al Jazeera Rusia Ukraina
Personel aktif 900.000 209.000
Personel cadangan 2.000.000 900.000
Artileri 7.571 2.040
Kendaraan lapis baja 30.122 12.303
Tank 12.420 2.596
Helikopter tempur 544 34
Pesawat tempur 1.511 98

(Sumber:Kompas.com/Jawahir Gustav Rizal | Editor: Bayu Galih, Danur Lambang Pristiandaru)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com