LSI: Dedi Mulyadi Lawan Terberat Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024

Kompas.com - 23/02/2022, 21:57 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Anggota DPR RI dari Golkar, Dedi Mulyadi, disebut bintang baru yang akan menjadi pesaing berat Ridwan Kamil (RK), gubernur Jawa Barat saat ini, pada Pilgub Jabar 2024 mendatang.

Hal itu berdasarkan hasil survei Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA tentang preferensi pemilih warga Jawa Barat terhadap calon gubernur dan wakil gubernur Jabar pada 2024 mendatang.

Menurut LSI Denny JA, posisi pria yang akrab disapa Kang Dedi Mulyadi ini akan makin melenggang jika RK tak mencalonkan lagi karena maju sebagai capres atau cawapres.

Ada pun survei ini dilakukan pada 2 hingga 7 Februari 2022 dengan wawancara tatap muka menggunakan metodologi multistage random sampling. Jumlah respondens sebanyak 600 orang dengan margin of error 4,1 persen.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, dalam siaran persnya, Rabu (23/2/2022) mengatakan, potensi mantan bupati Purwakarta dua periode ini terlihat jelas dari posisi elektabilitasnya yang meroket untuk ukuran sebagai calon pendatang baru.

Baca juga: Survei IPRC: Dedi Mulyadi Jadi Pesaing Kuat Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

 

Meskipun demikian, posisi elektabilitas RK sebagai petahana masih memimpin.

Toto menjelaskan posisi elektabilitas masing-masing dalam berbagai simulasi jumlah calon.

Untuk simulasi 20 calon gubernur, RK memimpin dengan 45,2 persen, Dedi Mulyadi 24,7 persen, disusul Dede Yusuf 8,5 persen.

Sementara calon lainnya, mulai dari wagub jabar saat ini, UU Ruzhanul Ulum, Cellica, Desy Ratnasari, Ahmad Syaikhu, Bima Arya, Nurul Arifin, Rieke Dyah Pitaloka, Ace Hasan Sadzily dan lain-lain, masih di bawah 5 persen.

Saat dikerucutkan menjadi 6 calon, RK meraih 47,3 persen, Dedi Mulyadi 25,5 persen, dan Dede Yusuf 12,7 persen.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.