Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Ponsel Terlaris di Dunia pada Awal 2024

Kompas.com - 10/05/2024, 20:15 WIB
Diva Lufiana Putri,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga riset Counterpoint Research merilis laporkan terbaru yang memuat peringkat ponsel pintar atau smartphone terlaris di dunia.

Laporan tersebut menunjukkan, produk keluaran Apple dan Samsung masih merajai pasar dunia pada kuartal pertama (Q1) 2024.

"Apple dan Samsung mendominasi daftar sepuluh besar ponsel pintar terlaris pada Q1 2024, masing-masing meraih lima posisi dan tidak meninggalkan tempat bagi merek lain," tulis Counterpoint Research, Senin (6/5/2024).

Merujuk data Global Monthly Handset Model Sales Tracker dari Counterpoint Research, kuartal pertama dipenuhi dengan penjualan ponsel pintar berkemampuan 5G.

Tidak hanya itu, tren awal tahun ini juga tampak jelas mengarah kepada ponsel pintar premium.

Sebab, tujuh dari total sepuluh ponsel terlaris bernilai grosir di atas 600 dollar AS atau sekitar Rp 9,6 juta (kurs Rp 16.034 per dollar AS).

Baca juga: Catat, Ini 10 Ponsel Pintar dengan Radiasi Tertinggi


Apple dan Samsung mendominasi

Dilansir dari laporan Counterpoint Research, iPhone 15 Pro Max dari Apple menjadi ponsel pintar terlaris pada kuartal pertama 2024.

Varian Pro Max meraih posisi teratas untuk pertama kalinya pada kuartal non-musiman Apple. Hal ini mencerminkan tren peningkatan preferensi konsumen terhadap ponsel kelas atas.

Padahal, biasanya hanya iPhone varian standar yang menduduki gelar ponsel terlaris di dunia, seperti iPhone 14 pada periode yang sama tahun lalu.

Keempat varian iPhone 15 dan iPhone 14 pun terpantau masuk dalam daftar teratas sepuluh ponsel terlaris.

Jajaran produk Pro dari Apple menawarkan peningkatan substansial dan penyempurnaan signifikan dibandingkan model dasar.

Langkah strategis tersebut terbukti berhasil lantaran konsumen bersedia membayar untuk menjadi pengguna fitur-fitur premium.

Baca juga: Iklan iPad Pro Apple Tuai Kontroversi, Hancurkan Benda Seni demi Gawai

Fitur-fitur produk lini Pro sendiri mencakup antarmuka dynamic island yang inovatif, chipset yang lebih canggih, layar ultra-halus, hingga kamera atau lensa telefoto.

Di sisi lain, dikutip dari The National News, Sabtu (4/5/2024), seri Samsung Galaxy S24 mengamankan dua tempat teratas dalam daftar sepuluh besar ponsel terlaris untuk kuartal pertama 2024.

Performa kuat dari seri S24 dapat dikaitkan dengan penyegaran awal seri yang sama oleh Samsung, serta upayanya dalam teknologi kecerdasan buatan generatif (GenAI).

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com