Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Olympic Phryge, Maskot Resmi Olimpiade Paris 2024

Kompas.com - 01/05/2024, 16:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Olympic Phryge menjadi maskot resmi Olimpiade Paris 2024. Itu terinspirasi dari bentuk topi tradisional Frigia kecil (Phrygian).

Dilansir dari laman resmi Komite Olimpiade Internasional, nama dan desainnya dipilih sebagai simbol kebebasan dan mewakili tokoh alegoris republik Perancis.

Para maskot memainkan peran utama dalam memimpin revolusi melalui olahraga, sesuai dengan visi Olimpiade Paris 2024 bahwa olahraga dapat mengubah kehidupan.

Baca juga: Daftar Negara Peserta Olimpiade Paris 2024 Cabang Sepak Bola


Olympic Phryge dihiasi dengan warna biru, putih dan merah, sesuai dengan warna bendera Perancis, dengan logo emas Olimpiade Paris 2024 di dadanya.

Motto dari Olympic Phryge dan Paralympic Phryge adalah: “Alone we go faster, but together we go further (Sendirian kita melangkah lebih cepat, namun bersama-sama kita melangkah lebih jauh).”

Motto tersebut mewakili cara-cara di mana para maskot, dan masyarakat di dunia secara umum, dapat menjadi lebih baik dengan bekerja berdampingan satu sama lain.

Baca juga: Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Ini Skenarionya

Topi Frigia

Louis XVI dari Perancis mengenakan topi frigiaWikimedia/Library of Congress Louis XVI dari Perancis mengenakan topi frigia

Topi Frigia yang menjadi dasar maskot Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 telah menjadi simbol kebebasan sepanjang sejarah Prancis.

Mereka menjadi rujukan umum bagi masyarakat Prancis, termasuk dalam dunia seni (sebagai metafora kebebasan) dan sebagai simbol Republik di institusi Prancis.

Topi Frigia umum dipakai oleh sosok ikonik Marianne di setiap balai kota dan bahkan ditampilkan pada benda sehari-hari di Prancis, seperti koin dan perangko.

Baca juga: Sejarah dan Makna Setiap Warna pada Lima Cincin di Logo Olimpiade

Marianne sendiri dikenal sebagai figur kebebasan dan Republik, yang pertama muncul pada masa Revolusi Perancis.

Topi Frigia juga merupakan simbol kebebasan internasional yang dikenakan oleh budak yang dibebaskan pada zaman Romawi dan muncul pada berbagai lambang di Amerika Utara dan Selatan.

Berkat sejarah panjang dan makna di baliknya, topi Frigia yang juga dikenal sebagai topi liberty ini telah menjadi salah satu simbol Republik Perancis.

Baca juga: Daftar Tuan Rumah Olimpiade dari Masa ke Masa

Olimpiade Paris 2024

Olimpiade merupakan kompetisi atletik terbesar di dunia yang mempertandingkan berbagai cabang olahraga.

Secara resmi, Olimpiade Paris 2024 akan diselenggarakan pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Meski upacara pembukaan dilakukan pada 26 Juli, ada beberapa pertandingan yang mulai dilaksanakan sejak 24 dan 25 Juli 2024.

Beberapa cabang olahraga tersebut adalah Sepak bola, Panahan, Bola tangan, dan Rugby-7.

Baca juga: Sejarah Olimpiade yang Saat Ini Jadi Kompetisi Olahraga Terbesar di Dunia

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Makna Lima Lingkaran Logo Olimpiade

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com