Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hewan Paling Mematikan di Dunia, Ada Nyamuk dan Gajah

Kompas.com - 26/03/2024, 09:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Ketika menyebut tentang hewan paling berbahaya di dunia, mungkin yang pertama kali terlintas di benak Anda adalah singa, hiu, atau bahkan ular.

Namun, akan berbeda jika yang dibahas adalah hewan paling mematikan. Hewan yang paling berbahaya belum tentu mematikan, karena kurangnya interaksi bersama manusia.

Menentukan hewan paling mematikan tidak hanya didasarkan pada seberapa berbahanya mereka, namun juga dari seberapa banyak menyebabkan kematian pada manusia.

Baca juga: 7 Hewan yang Memiliki Bentuk Kamuflase Paling Unik


Berikut adalah daftar 10 hewan paling mematikan di dunia yang merenggut banyak nyawa manusia:

1. Nyamuk

Mungkin terdengar cukup aneh, tapi nyamuk adalah hewan paling berbahaya di dunia, yang membunuh sekitar 725.000 manusia per tahun, menurut BBC Science Focus.

Meski berukuran kecil, mereka mampu menyebar penyakit seperti malaria. Diketahui infeksi malaria sangat buruk di Afrika, yang menyumbang 95 persen kasus dan 96 persen kematian di seluruh dunia.

Baca juga: Anjing Disebut sebagai Hewan yang Buta Warna, Mengapa? Berikut Alasannya

2. Ular

Ular berbisa dapat ditemukan di seluruh dunia dan dapat membunuh manusia dengan berbagai cara yang berbeda. Reptil ini diketahui membunuh 138.000 manusia per tahun.

Mamba hitam, misalnya, dapat membunuh manusia hanya dengan dua tetes racun dari satu gigitan, sedangkan ular piton dapat meremukkan dan menelan orang dewasa secara utuh.

3. Anjing (rabies)

Anjing adalah salah satu hewan yang dapat menjadi sahabat baik manusia, namun bisa menjadi musuh terburuk ketika terjangkit rabies.

Menurut WHO, anjing adalah sumber utama kematian manusia akibat rabies, Anjing rabies diketahui membunuh 59.000 orang per tahun.

Baca juga: 7 Hewan Paling Cerdas di Dunia, Ada Orang Utan dan Gurita

4. Assassin bugs

Assassin Bugs (serangga pembunuh) adalah penyebar utama penyakit Chagas yang mematikan. Spesies ini diketahui membunuh 10.000 manusia per tahun.

Penyakit ini menyerang jantung, sistem pencernaan, dan sistem saraf. Bahkan bisa menular dari ibu ke bayinya melalui plasenta saat hamil.

5. Kalajengking

Hewan melata agresif ini menyengat dengan ekornya dan menyuntikkan racun ke mangsanya. Dari 2.600 spesies, hanya sekitar 25 yang memiliki racun yang mampu membunuh manusia.

Salah satu yang paling berbahaya adalah kalajengking deathstalker. Kalajengking diketahui menyebabkan kematian pada 3.300 manusia per tahun.

Baca juga: 6 Hewan Paling Lama Hidup di Bumi, Ada yang Bertahan Lebih dari 2.000 Tahun

6. Cacing gelang ascaris

Dikutip dari laman CNET, parasit ini memiliki telur kecil yang mudah berpindah dari kotoran yang terkontaminasi ke mulut manusia. Mereka membunuh sekitar 2.500 orang per tahun.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com