Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa TPS Bertemakan Valentine: Dipenuhi Warna Pink, Petugas Bagi-bagi Bunga dan Cokelat

Kompas.com - 14/02/2024, 11:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesta demokrasi Indonesia yang dilaksanakan pada Rabu (14/2/2024) disambut meriah. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berlomba menghias tempat pemungutan suara (TPS) seunik mungkin untuk menarik minat warga.

Salah satu TPS unik berlokasi di Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

TPS 29 di wilayah tersebut memiliki konsep serba pink, mulai dari tenda, hiasan balon, dan baju yang dikenakan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPPS 1 Kelurahan Kober, Sigit Wawa menyampaikan, konsep itu terinspirasi dari waktu pencoblosan yang bertepatan dengan Hari Valentine.

"Kita konsepnya pemilu damai penuh dengan kasih sayang. Tidak ada baper (bawa perasaan) atau perselisihan," ujar Sigit, saat dihubungi Kompas.com via sambungan telepon, Rabu (13/2/2024) malam.

Konsep TPS unik ini akan menjadi pertama dalam sejarah penyelenggaraan Pemilu di kelurahan tersebut.

Baca juga: Tutorial Mencoblos, Ini 5 Hal yang Dilarang Saat Berada di TPS

Petugas TPS berpenampilan serba pink

Petugas TPS 29 Kelurahan Kober, Purwokerto Barat, Banyumas juga menyediakan souvenir berupa bunga berwarna pink untuk 50 orang perempuan pertama yang datang ke TPS untuk mencoblos.

"Untuk 50 pendaftar pertama khusus yang cewek akan mendapatkan souvenir bunga pink," kata Sigit.

Tak hanya dekorasi yang serba pink, petugas KPPS yang didominasi laki-laki juga akan mengenakan kostum berupa baju, deker, dan topi berwarna merah jambu.

Sigit mengaku, para petugas menyambut antusias konsep itu. Dia menyampaikan, kostum itu dipilih untuk memberikan rasa nyaman bagi petugas KPPS yang bertugas hari ini.

"Saya konsep kita itu santai tapi pekerjaan beres dan tetap rapi serta sopan. Saya tidak ingin membebani petugas dengan pakaian kemeja batik yang harus dipakai dari pagi sampai malam begitu," jelas dia.

Menurut Sigit, kenyamanan para petugas menjadi penting lantaran TPS tersebut memiliki daftar pemilih tetap (DPT) dengan jumlah terbanyak dibanding TPS lain di kelurahan tersebut.

Pasalnya, TPS 29 di Kelurahan Kober itu melayani setidaknya 270 DPT.

Bahkan, untuk menyambut pesta demokrasi itu, Sigit sebagai Ketua KPPS 1 setempat juga mewarnai rambutnya dengan warna merah jambu.

Baca juga: TPS Buka Jam Berapa? Simak Waktu Pencoblosan untuk Setiap Kategori Pemilih

TPS pink di Bali menyediakan cokelat

Diberitakan sebelumnya, TPS berwarna pink juga ditemui di Banjar Tanjung Sari, Desa Peguyangan Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com