Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kapasitas GBK dan JIS yang Jadi Lokasi Kampanye Akbar Prabowo dan Anies?

Kompas.com - 10/02/2024, 20:30 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua stadion di Jakarta yakni Gelora Bung Karno (GBK) dan Jakarta International Stadium (JIS) dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan kampanye akbar dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024, Sabtu (10/2/2024). 

Capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menggelar kampanye akbar di JIS, Jakarta Utara.

Beberapa artis papan atas memeriahkan kampanye akbar Anies-Cak Imin, seperti Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Bebi Romeo, Nasida Ria, David Nurbianto, dan Abdur Arsyad.

Sedangkan di pusat Ibu Kota, digelar kampanye akbar Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 ini menyapa pendukungnya di GBK dengan penampilan Dewa 19 feat Ari Lasso dan Ello, Raffi Ahmad, NTRL, hingga Andre Taulany.

Kapasitas GBK dan JIS banyak dicari warganet yang penasaran mengetahui, berapa sebenarnya daya tampung kedua stadion tersebut. 

Baca juga: Saat Warganet Soroti Anak-anak yang Naik ke Panggung dalam Kampanye Prabowo...

Perbandingan kapasitas GBK dan JIS

Terkait digelarnya kampanye akbar di GBK dan JIS, kubu Prabowo-Gibran dan Anies-Cak Imin sama-sama mengklaim, acara mereka dihadiri ratusan hingga jutaan orang.

Dilansir dari Antara, Jumat (9/2/2024), Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyebutkan, sekitar 5 juta orang akan hadir dalam kampanye akbar paslon nomor urut 1 di JIS.

Dewan Pertimbangan Timnas AMIN, Awalil Rizky, mengatakan jumlah tersebut sesuai jumlah tiket terpesan secara daring pada Rabu (7/2/2024) yang mencapai 3,5 juta pada menit pertama dan laporan dari Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengklaim 500.000 orang menghadiri kampanye akbar capres-cawapres nomor urut 2 ini di GBK.

"Estimasi orang yang datang, yang sudah daftar pada hari ini sudah lebih dari setengah juta orang sudah daftar," katanya dikutip dari Kompas.com, Sabtu.

Lantas, berapakah kapasitas GBK dan JIS?

Baca juga: Jadwal Kampanye Terakhir Anies, Prabowo, Ganjar di Pilpres 2024

Kapasitas JIS

Berdasarkan pantauan Kompas.com saat hari H kampanye akbar Anies-Cak Imin, JIS memiliki kapasitas sebanyak 82.000 tempat duduk.

Namun, JIS masih mampu menampung jumlah orang lebih banyak. Stadion yang diresmikan pada 2022 ini mampu menampung sekitar 10.000 tambahan orang di lapangan.

Merujuk Antara, Selasa (15/8/2023), JIS dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti rumput hibrida, bangku cadangan, atap buka-tutup, ruang ganti pemain, ruang pelatih, ruang VVIP hingga fasilitas terapi air 'jacuzzi'.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com