Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal AFC eAsian Cup, Turnamen yang Baru Saja Dimenangkan Tim e-Sports Indonesia

Kompas.com - 06/02/2024, 15:45 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim nasional (timnas) e-sports Indonesia mencetak sejarah sebagai juara AFC eAsian Cup 2023 pertama.

Indonesia mengalahkan Jepang pada laga final AFC eAsian Cup 2023 yang diselenggarakan di Virtuocity esports Arena, Qatar, Senin (5/2/2024) malam.

Laga final Indonesia vs Jepang berlangsung dengan format Best of 3. Artinya, kedua tim harus merebutkan dua poin kemenangan untuk menjadi juara.

Pada pertandingan pertama, Indonesia meraih kemenangan berkat unggul 3-2 dalam adu pinalti. Satu gol pada pertandingan kedua memastikan Indonesia keluar sebagai pemenang AFC eAsian Cup 2023.

Kemenangan tersebut memastikan Indonesia menjadi juara dalam edisi pertama turnamen e-sports AFC Cup yang digelar bersamaan dengan Piala Asia 2023.

Lantas, apa itu AFC eAsian Cup?

Baca juga: Peringkat Indonesia di FIFA Ranking Usai Kalah dari Australia pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Mengenal AFC eAsian Cup

AFC eAsian Cup 2023 diselenggarakan pertama kali oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kompetisi ini merupakan bagian dari ajang AFC Asian Cup atau Piala Asia 2023.

Sebanyak 20 tim dari negara anggota AFC yang berlaga pada Piala Asia 2023, mengikuti kompetisi ini. Mereka bertanding menggunakan gim eFootball 2024 dengan konsol PlayStation 5 (PS5).

Setiap pertandingan digelar dalam durasi sekitar 12 menit. Ini mempertemukan dua tim yang masing-masing terdiri dari dua pemain utama dan satu pengganti.

Dilansir dari situs resmi AFC, ke-20 tim peserta AFC eAsian Cup 2023 akan terbagi dalam empat grup.

Pada babak penyisihan grup, setiap tim memainkan dua pertandingan. Seperti aturan Piala Asia 2023, dua tim teratas dari setiap grup dan empat tim peringkat ketiga terbaik berhak melaju ke babak selanjutnya.

Baca juga: Media Korsel Soroti Keputusan PSSI soal Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong yang Dilakukan Usai Piala Asia U-23 2024

Kompetisi AFC eAsian Cup 2023 tercipta berkat kerja sama antara AFC dengan produsen gim asal Jepang, Konami.

Konami merilis gim bertajuk eFootball 2024 edisi Piala Asia untuk menyambut Piala Asia 2023. Dalam gim tersebut, ada 24 negara yang berisi nama pemain dari timnas peserta Piala Asia 2023.

Dikutip dari situs resmi Konami, turnamen AFC eAsian Cup 2023 berlangsung pada 1-5 Februari 2024. Negara yang memenangkan kompetisi ini akan mendapatkan medali setara dengan hadiah yang diberikan di Piala Asia 2023.

Gim eFootball 2024 merupakan seri terbaru dari gim yang mengalami rebranding dari seri gim populer Winning Eleven. Gim konsol tersebut diluncurkan sejak 1995.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com