Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Mengeluh Bayar Parkir di Stasiun Balapan Solo Wajib Pakai E-money, Ini Kata KAI

Kompas.com - 02/02/2024, 19:30 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan mekanisme baru pembayaran tarif parkir di Stasiun Solo Balapan, Jawa Tengah.

Masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di Stasiun Solo Balapan kini wajib melakukan pembayaran parkir menggunakan kartu uang elektronik atau e-money.

Aturan tersebut berlaku mulai Kamis (1/2/2024) dan diterapkan untuk kendaraan mobil dan motor.

E-money yang dapat digunakan adalah Tap Cash (BNI), Emoney (Bank Mandiri), Brizzi (BRI), Flazz (BCA), dan Kartu Multi Trip (KMT) KRL.

Namun, pembayaran parkir menggunakan e-money di Stasiun Solo Balapan ini banyak dikeluhkan warganet.

Mereka menilai sistem baru tersebut merepotkan dan menyusahkan bagi orang yang sudah lanjut usia (lansia).

"Ribet..untuk kalangan lansia atau orang yg gaptek..bisa mengular antrian..," tulis akun Instagram @tsatri*** di kolom komentar akun Instagram @agendasolo, Kamis.

"Wong ws penak² cash og malah aneh² nggo kartu jannn konoha Ki lucu," kata akun @glg***.

Baca juga: Cerita WNI di Jepang Harus Ambil Uang 1 Yen yang Tertinggal di Bank, Biaya Parkir 300 Yen


Penjelasan KAI Daop 6

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, buka suara mengenai keluhan warganet soal pembayaran parkir di Stasiun Solo Balapan menggunakan e-money.

Ia membenarkan bahwa sistem pembayaran non-tunai tersebut berlaku mulai Kamis.

Meski begitu, pihaknya akan melakukan pendampingan kepada masyarakat selama tiga bulan supaya mereka bisa menggunakan e-money.

"Masih bisa pakai tunai. Iya (full non-tunai setelah tiga bulan)," kata Krisbiyantoro kepada Kompas.com, Jumat (2/2/2024).

Sementara itu, Manager Humas KAI Services, Nyoman Suardhita menyampaikan, pembayaran parkir menggunakan e-money di Stasiun Solo Balapan bukan tanpa alasan.

Kebijakan tersebut dimaksudkan supaya masyarakat lebih mudah dan praktis ketika keluar-masuk area parkir Stasiun Solo Balapan.

"Selain lebih praktis, penggunaan kartu uang elektronik ini juga dimaksudkan untuk mengurangi antrean kendaraan di pintu keluar stasiun saat jam padat," kata Nyoman dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Ramai soal Parkir Liar di Yogyakarta Didenda Rp 50 Juta, Ini Penjelasan Dishub

E-money untuk bayar parkir di Stasiun Solo Balapan

Nyoman menjelaskan, ada beberapa e-money yang dapat digunakan sebagai alat membayar parkir di Stasiun Solo Balapan, yakni Tapcash (Bank BNI), Emoney (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Flazz (Bank BCA), serta Kartu Multi Trip KRL.

Ia mengimbau masyarakat untuk memastikan saldo e-money cukup saat melakukan transaksi di pintu keluar area parkir Stasiun Solo Balapan.

Sistem pembayaran cashless tersebut, kata Nyoman, menjadi bagian dari pelayanan KAI Services untuk semua pelanggan yang menggunakan jasa parkir di area parkir yang dikelola oleh KAI Services.

"Harapan kami, dengan diberlakukannya sistem pembayaran cashless, pelanggan lebih praktis, mudah, dan aman ketika bertransaksi di area parkir KAI Services," pungkasnya.

Baca juga: Kronologi Tukang Parkir Ancam Pengemudi Ojol dengan Martil di Medan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com