Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drone Bawah Laut Ini Diduga Temukan Pesawat yang Hilang 87 Tahun Lalu

Kompas.com - 31/01/2024, 09:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesawat milik pilot wanita Amerika Serikat Amelia Earhart yang hilang 87 tahun lalu, diduga ditemukan di Samudera Pasifik. 

Sebuah perusahaan eksplorasi laut Deep Sea Vision mengklaim telah menemukan pesawat Amelia Earhart yang hilang pada Jumat (26/1/2024).

Pendiri perusahaan sekaligus pilot dan mantan perwira intelijen Angkatan Udara AS, Tony Romeo mengungkapkan dugaan temuan bangkai pesawat tersebut, Senin (29/1/2024).

“Yah, Anda akan sulit sekali meyakinkan saya bahwa itu bukan pesawat terbang, dan itu bukan pesawat Amelia,” kata dia dikutip dari TIME.

Memindai 8.000 km Samudera Pasifik

Tony menjelaskan, Deep Sea Vision menggunakan drone bawah laut tanpa awak untuk memindai dasar laut Samudra Pasifik seluas lebih dari 8.000 kilometer persegi antara September dan Desember 2023.

Data sonar ditinjau pada Desember menunjukkan sebuah gambar yang diyakini sebagai pesawat jenis Lockheed 10-E Electra. Pesawat tipe tersebut diterbangkan Amelia Earhart ketika dia menghilang pada 1937.

Tim beranggotakan 16 orang ini menemukan objek berbentuk pesawat di perairan antara Australia dan Hawaii sekitar 160 km dari Pulau Howland.

Dilansir dari NPR, pulau tersebut seharusnya jadi tempat Amelia dan navigatornya, Fred Noonan mengisi bahan bakar pesawat dalam misinya. Namun, mereka tidak pernah sampai di sana.

Tony meyakini objek diduga bangkai pesawat itu milik Amelia karena bentuknya yang unik. Namun, dia tidak menutup kemungkinan gambar itu menunjukkan kumpulan batuan di sana.

“Tidak ada kecelakaan lain yang diketahui terjadi di area tersebut, dan tentunya bukan pada era tersebut dengan desain (pesawat) seperti itu dengan ekor yang dapat Anda lihat dengan jelas pada gambar,” tambah dia.

Dia akan memimpin ekspedisi baru pada 2024 untuk mencari bukti tambahan penemuan ini, termasuk menyamakan nomor ekor pesawat yang hilang.

Tony Romeo dikenal sebagai penjelajah laut yang pernah menjual bisnis real estat di Carolina Selatan untuk mendanai pencarian puing-puing pesawat Amelia Earhart.

Baca juga: Pilot Perang Dunia II yang Hilang Berhasil Ditemukan Setelah 80 Tahun

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com