Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bajak Laut Wanita yang Pernah Tercatat dalam Sejarah

Kompas.com - 14/12/2023, 18:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Bajak laut merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut perampok atau bandit yang umumnya mengarungi lautan.

Meskipun sebagian besar dari mereka menargetkan kapal, beberapa juga melancarkan serangan ke kota-kota yang ada di pesisir.

Dikutip dari laman Royal Museum Greenwich, bajak laut adalah perampok yang melakukan perjalanan atau petualangan di lautan.

Istilah ini dapat diterapkan pada berbagai perilaku nakal di laut, termasuk penjarahan pesisir dan penyergapan kapal di lautan lepas.

Baca juga: 15 Kata-kata Bijak Roronoa Zoro, Wakil Kapten Bajak Laut Topi Jerami


Kata pirates (bajak laut) berasal dari bahasa Yunani peirat?s yang berarti perampok atau bandit.

Aktivitas perampokan, penculikan, dan pembunuhan termasuk dalam kegiatan bajak laut, asalkan terjadi di air dan ada perahu yang terlibat. Jika tidak ada air maupun perahu, Anda hanyalah bandit biasa.

Para bajak laut hidup di lautan lepas. Wilayah Samudera Hindia dan Madagaskar sering kali menjadi tempat yang aman bagi bajak laut untuk tinggal, karena di luar hukum dan pemerintahan negara.

Bagi kebanyakan orang, istilah bajak laut memunculkan gambaran tentang apa yang disebut "zaman keemasan" pembajakan, abad ke-17 dan ke-18. Periode tersebut berisi bajak laut legendaris seperti Blackbeard atau Kapten Kidd.

Meski sosok bajak laut selalu identik dengan laki-laki, sejarah juga mencatat sejumlah bajak laut wanita.

Baca juga: 7 Kasus Pencurian Karya Seni paling Fenomenal di Dunia

Bajak laut wanita dalam sejarah

Ilustrasi bajak laut wanita paling terkenal dalam sejarah.iStockphoto/IvanMiladinovic Ilustrasi bajak laut wanita paling terkenal dalam sejarah.

Berikut adalah beberapa bajak laut wanita paling terkenal yang pernah tercatat dalam sejarah:

1. Rachel Wall

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Rachel Wall (née Schmidt) dianggap sebagai bajak laut wanita Amerika pertama. Ia lahir di Pennsylvania pada tahun 1760.

Rachel dan suaminya George Wall, menjadi bajak laut dengan kru kecil, berpura-pura berada dalam kesulitan. Ketika ada kapal yang datang menolong, mereka akan membajaknya.

Dalam musibah badai yang menjebak perahunya, sang suami meninggal dunia. Rachel berhasil selamat dan melanjutkan kehidupan kriminalnya.

Baca juga: 5 Bajak Laut Paling Terkenal dalam Sejarah, Siapa Saja?

2. Mary Read

Mary Read adalah perempuan yang dibesarkan seperti anak laki-laki oleh ibunya. Marry kemudian bekerja di kapal dan bahkan bergabung dengan tentara sebagai laki-laki.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com