Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Protein dan Fungsinya di Dalam Tubuh Manusia

Kompas.com - 22/11/2023, 20:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Protein adalah molekul besar dan kompleks yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh manusia.

Mereka melakukan sebagian besar pekerjaan di dalam sel dan diperlukan untuk struktur, fungsi, dan pengaturan jaringan dan organ tubuh.

Protein terdiri dari ratusan atau ribuan unit kecil yang disebut asam amino, yang terikat satu sama lain dalam rantai panjang.

Baca juga: Pengertian Tumbuhan Monokotil dan Dikotil, Berikut Ciri, Perbedaan, dan Contohnya

Pengertian protein

Dikutip dari laman Britannica, protein adalah zat kompleks yang terdapat di semua organisme hidup. Ia memiliki nilai gizi tinggi dan terlibat langsung dalam proses kimia penting bagi kehidupan.

Pentingnya protein telah diakui oleh para ahli kimia pada awal abad ke-19, termasuk ahli kimia Swedia Jöns Jacob Berzelius.

Berzelius menciptakan istilah protein pada 1838, sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani pr?teios, yang berarti “memegang tempat pertama”.

Protein bersifat spesifik pada spesies. Artinya, protein suatu spesies berbeda dengan spesies lain. Mereka juga spesifik pada organ, protein otot berbeda dengan protein otak atau hati.

Molekul protein berukuran sangat besar dibandingkan dengan molekul gula atau garam dan terdiri dari banyak asam amino yang digabungkan untuk membentuk rantai panjang.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Zat? Berikut Pengertian dan Klasifikasinya


Protein terbuat dari asam amino

Dilansir dari laman Better Health, protein terdiri dari bahan penyusun yang disebut asam amino. Ada sekitar 20 asam amino berbeda yang terdapat secara alami dalam protein.

Asam amino tersebut terhubung bersama dalam kombinasi yang berbeda, dan tubuh manusia menggunakannya untuk membuat protein baru.

Misalnya otot dan tulang, serta senyawa lain seperti enzim dan hormon. Ia juga dapat menggunakannya sebagai sumber energi.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan DNA? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Beberapa asam amino dapat dibuat oleh tubuh Anda, yang dikenal sebagai asam amino non-esensial.

Namun, ada juga asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh, yang dikenal sebagai asam amino esensial. Anda bisa mendapatkannya dari makanan tertentu.

Protein dengan fungsi yang sama memiliki komposisi dan urutan asam amino yang serupa.

Meskipun belum mungkin untuk menjelaskan semua fungsi protein dari urutan asam aminonya, korelasi yang ada antara struktur dan fungsi dapat dikaitkan dengan sifat asam amino yang menyusun protein tersebut.

Baca juga: Pengertian Mutasi Genetik, Jenis-jenis, dan Contohnya

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com