Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang, Apa Saja?

Kompas.com - 29/10/2023, 11:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telur setengah matang menjadi salah satu olahan makanan yang sering kali dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Biasanya, telur setengah matang dikonsumsi bersamaan dengan mi rebus. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh salah satu warganet TikTok @andifendi_ pada Rabu (25/10/2023).

Dalam video tersebut, tampak ia memecah telur setengah matang yang berada di mangkuk berisi mi rebus dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Beberapa mengatakan bahwa konsumsi telur setengah matang dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Hal ini lantaran, telur setengah matang berpotensi mengandung bakteri salmonella.

Hingga Minggu (29/10/2023) siang, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 16,6 juta kali dan mendapatkan lebih dari 23.100 komentar dari warganet.

Lantas, benarkah mengonsumsi telur setengah matang berisiko karena mengandung bakteri salmonella?

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Telur Setiap Hari, Apa Saja?


Penjelasan ahli gizi

Ahli gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo mengatakan, telur adalah makanan yang mendekati sempurna dan lengkap setelah air susu ibu (ASI).

Hal ini berlaku bila telur tersebut dikonsumsi dalam kondisi sudah matang. Sehingga proteinnya dapat dimetabolisme secara sempurna oleh tubuh dan menyehatkan.

Namun masyarakat bisa berbeda-beda dalam cara mengonsumsi telur. Ada yang dikonsumsi mentah, diolah setengah matang atau matang sepenuhnya. 

Toto menyebutkan, secara teoritis putih telur berfungsi melindungi bakal buah, yaitu kuning telur.

Apabila telur kotor, maka ada beberapa mikroorganisme yang bisa masuk ke dalam telur dan tinggal di putih telur, salah satunya salmonella.

Kendati demikian, menurutnya salmonella tidak bisa menembus hingga kuning telur. Jadi, konsumsi telur setengah matang masih aman, asalkan kuning telur sudah memiliki tekstur lembut.

"Jadi sebaiknya untuk konsumsi telur sebaiknya mulai dari setengah matang, karena putih telor telah matang dan mudah dicerna, salmonella mati, dan proteinnya mudah dicerna," kata Toto kepada Kompas.com, Minggu (29/10/2023).

Baca juga: Apa Itu Bakteri Salmonella, Bahaya dan Penyakit yang Ditimbulkan

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com