Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Onyer, Orangutan Pemeran Sayu di Film Petualangan Sherina 2

Kompas.com - 06/10/2023, 17:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film Petualangan Sherina 2 mengajak penonton mengikuti cerita penyelamatan bayi orangutan bernama Sayu.

Film yang rilis pada Kamis (28/9/2023) ini dibintangi oleh Sherina Munaf, Derby Romero, Isyana Sarasvati, Chandra Satria, Kelly Tandiono, dan Ardit Erwandha.

Film tersebut menceritakan Sherina dan Sadam menelusuri hutan Kalimantan demi mencari orangutan Sayu yang diculik pemburu satwa liar.

Untuk mendukung cerita tersebut, sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana mengajak orangutan bernama Onyer sebagai pemeran Sayu.

Hal ini diungkapkan melalui akun media sosial X resmi film Petualangan Sherina 2, @FilmPetSher pada Kamis (5/10/2023).

"SAYU diperankan oleh Onyer, seorang anak orang utan yang dilepasliarkan bersama ibunya, kembali ke rumahnya. Peristiwa langka ini dijadikan sebagai hari shooting adegan pelepasliaran orang utan dalam film Petualangan Sherina 2," tulis akun tersebut.

Lalu, bagaimana kisah orangutan Onyer di dunia nyata?

Baca juga: Kisah Pilu Pony, Orangutan yang Dijadikan Pelacur di Kalimantan dan Kondisinya Kini


Onyer ditemukan di lokasi tambang emas

Tim penyelamat satwa liar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah menyelamatkan Onyer pada awal 2021.

Dilansir dari situs organisasi nirlaba Orangutan Outreach (7/4/2021), Onyer diselamatkan di Desa Tahian Tambuk, Kecamatan Mihing Raya, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Warga mengaku menemukan Onyer tanpa induk di kawasan hutan lokasi tambang emas dekat ladangnya ketika pulang bekerja pada 19 Januari 2021.

Selain membawa pulang Onyer, warga tersebut juga mencari informasi terkait pihak berwenang yang bisa dihubungi untuk menyerahkan Onyer.

Onyer kemudian diserahkan ke BKSDA Kalimantan Tengah pada 25 Februari 2021. Saat itu, usianya 8 bulan dengan berat badan 2,25 kg.

Baca juga: Video Viral Orang Utan Kurus Berjalan di Area Tambang, Ini Kata BKSDA

Awalnya merasa takut

Kondisi terkini orangutan di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah.
Dok. Yayasan BOS/Andri Kornelius Kondisi terkini orangutan di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah.
Oleh BKSDA Kalimantan Tengah, orangutan Onyer dibawa ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) di Nyaru Menteng, Palangka Raya

Di tempat tersebut, para orangutan yang diselamatkan dikumpulkan untuk menjalani proses rehabilitasi selama beberapa tahun sebelum siap dilepasliarkan.

Onyer menjalani pemeriksaan sesampainya di Nyaru Menteng dan dinyatakan dalam keadaan sehat. Dia kemudian menjalani karantina dan dipantau kesehatannya secara rutin sebelum bergabung dengan Nursery Group atau sekolah hutan.

Baca juga: Viral, Video Orangutan Jalan-jalan Masuk Permukiman Warga di Kalimantan, BKSDA: Habitatnya Rusak

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com