Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Latihan Kardio, Apakah Berat Badan Akan Naik Lagi?

Kompas.com - 28/08/2023, 15:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan warganet yang menyebut olahraga kardiovaskular atau kardio dapat menurunkan berat badan dengan cepat, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat di akun X ini (dulunya Twitter) pada Sabtu (26/8/2023).

Tetapi, meskipun dapat menurunkan berat badan dengan cepat, pengunggah menanyakan setelah turun berat badan dengan olahraga kardio, apakah berat badan bisa kembali naik?

Alasan, pengunggah mengaku bisa menurunkan berat badan dari 91 kg ke 69 kg dalam waktu tiga setengah bulan, namun tanpa latihan otot, seperti halnya angkat beban.

"Aku berhasil turun dari 91 ke 69 dalam 3 setengah bulan cuman diet + olahraga, nah olahraga yg aku lakuin cuma cardio 1 jam bukan angkat beban kira² bakal kemungkinan cepet naik lagi ga ya?" tulis pengunggah.

Hingga Sabtu (26/8/2023) sore, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 141.000 kali dan mendapatkan lebih dari 95 komentar dari warganet.

Lantas, benarkah seseorang bisa kembali mengalami peningkatan berat badan jika hanya olahraga kardio?

Baca juga: 10 Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Penjelasan ahli

Dosen Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya Kunjung Ashadi mengatakan bahwa kardio adalah olahraga yang sifatnya lebih dominan untuk melatih kerja sistem jantung dan paru (meningkatkan detak jantung).

Kunjung juga mengatakan, kardio juga menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan serta membakar lemak tubuh.

Kendati demikian, bila untuk menurunkan berat badan, menurutnya kardio kurang lengkap tanpa dibarengi dengan latihan kekuatan.

"Kardio kurang lengkap tanpa latihan kekuatan karena untuk menjaga massa otot dalam tubuh serta memberikan bentuk dan postur tubuh yang baik," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (26/8/2023).

Menurutnya, olahraga kesehatan yang baik adalah dengan mengombinasikan latihan kardio, kekuatan, dan juga kelentukan (flexibility).

Kombinasi olahraga tersebut perlu dilakukan, sebab semakin bertambah usia seseorang akan mengalami penurunan massa otot dan kelenturan.

"Oleh sebab itu, kardio perlu dikombinasikan dengan olahraga yang lain tersebut," kata Kunjung.

Baca juga: Pilih Kardio atau Angkat Beban untuk Turunkan Berat Badan?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com