Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakteri Langka Pemakan Daging Telah Membunuh 3 Orang di New York dan Connecticut, Amerika Serikat

Kompas.com - 18/08/2023, 10:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga orang meninggal dunia akibat infeksi bakteri "pemakan daging" yang tergolong langka.

Dilansir dari Live Science, Kamis (17/8/2023), infeksi tersebut disebabkan oleh bakteri yang disebut Vibrio vulnificus, yang hidup perairan payau di pesisir pantai, yang berarti di campuran air asin dan air tawar.

Mikroba yang masuk ke dalam genus Vibrio ini paling banyak ditemukan di lingkungan seperti itu antara bulan Mei dan Oktober.

Baca juga: Seorang Pria di Inggris Digigit Kucing Liar dan Terinfeksi Bakteri Misterius yang Membuat Tangannya Bengkak

Kasus kematian akibat Vibrio vulnificus

Diperkirakan 1 dari 5 orang yang terinfeksi V. vulnificus akan meninggal, seringkali dalam satu atau dua hari setelah terpapar.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Rabu (16/8/2023), pejabat kesehatan New York mengumumkan bahwa V. vulnificus telah diidentifikasi pada orang yang baru saja meninggal di Suffolk County di timur Long Island.

"Kematian di Suffolk County masih diselidiki untuk menentukan apakah bakteri tersebut ditemukan di perairan New York atau di tempat lain," demikian pernyataan tersebut.

Departemen Kesehatan Negara Bagian New York minggu ini mengingatkan para penyedia layanan kesehatan untuk mempertimbangkan Vibrio vulnificus ketika melihat individu dengan infeksi luka parah atau sepsis (reaksi kekebalan tubuh yang berbahaya) dengan atau tanpa infeksi luka.

Kematian warga Suffolk County itu menyusul tiga infeksi V. vulnificus yang baru-baru ini dilaporkan di Connecticut.

Antara tanggal 1 dan 28 Juli 2023, Departemen Kesehatan Masyarakat Connecticut diberi tahu tentang adanya tiga infeksi pada penduduk berusia 60 hingga 80 tahun.

Ketiga orang tersebut dirawat di rumah sakit, dan pada Selasa (15/8/2023), dua orang telah meninggal dunia.

Departemen tersebut melaporkan bahwa dua dari kasus di Connecticut disebabkan oleh orang-orang yang berenang dengan luka terbuka di perairan payau di Long Island Sound, perairan yang terletak di antara Connecticut dan New York.

Kasus ketiga terkait dengan orang yang mengonsumsi tiram mentah di tempat makan di luar negara bagian. Untuk diketahui, tiram tidak dipanen di Long Island Sound.


Baca juga: Digigit Saudaranya, Seorang Pria di AS Terinfeksi Bakteri Pemakan Daging 

Bagaimana orang bisa terinfeksi bakteri itu?

Orang dapat terpapar bakteri ini ketika mereka berenang di perairan dalam kondisi luka terbuka.

Tidak hanya itu saja, seseorang juga bisa terinfeksi ketika mereka makan kerang mentah atau setengah matang, termasuk tiram.

Luka juga dapat terinfeksi jika terpapar makanan laut mentah atau setengah matang, cairan atau kotorannya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com