Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan KJRI Osaka soal Pemagang WNI Tikam Sesama WNI di Jepang

Kompas.com - 09/08/2023, 15:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebut adanya trainee atau pemagang Indonesia yang ditangkap polisi karena menikam kenalannya sesama trainee Indonesia saat berada di Jepang.

Informasi tersebut dibagikan oleh akun TikTok @indonesiajapancouple pada Senin (7/8/2023).

"Pemagang Indonesia t*usuk rekannya di Osaka," tulis akun tersebut dalam videonya.

"Trainee Indonesia ditangkap karena dicurigai menikam seorang kenalan dengan pisau utilitas (Polisi Osaka). Kantor Polisi Kazuka Prefektur Osaka mengatakan pada tanggal 4 bahwa seorang warga negara Indonesia yang tinggal di fasilitas pelatihan di Kota Kazuka Prefektur Osaka diduga melakukan percobaan pemb*nuhan setelah menikam dan mencoba memb*nuh seorang pria yang sedang menjalani pelatihan teknis bersamanya," tulis akun tersebut lebih lanjut dalam unggahannya.

@indonesiajapancouple Waduh! Baru juga sampai di Jepang dan masih pelatihan di senta dua pemagang Indonesia di Osaka bermasalah. #jepang???????? #beritajepang #beritajepangterbaru #seputarjepang #japannews #japannewstoday #nhk #asahitv #fnnnews #tbsnews #tiktoknewsupdate ? Ego - Sped Up Version - Lyodra

Disebutkan, pihak kepolisian memaparkan bahwa terduga pelaku membantah tuduhan itu dengan mengatakan dirinya tak bermaksud melakukan pembunuhan.

Hingga Rabu (9/8/2023), unggahan tersebut telah disukai lebih dari 39.400 kali dan dikomentari ratusan pengguna.

"Kaya nya harus ada tambahan tes psikologi utk tes k japan," kata akun dengan nama Satu cewe cukup.

"Kok bisa sii dinegara orang lagiii," kata akun dengan nama Piyaa.

Baca juga: WNI Divonis 2 Tahun karena Lecehkan Wanita Lebanon Saat Umrah, KJRI Mengaku Tak Diberitahu Arab Saudi

Penjelasan KJRI Osaka

Konsul Protokol dan Konsuler (Protkons) II KJRI Osaka Mohammad Makki Nahari membenarkan adanya peristiwa penikaman yang dilakukan oleh seorang Warga Negara Indonesia (WNI).

"KJRI mendapatkan konfirmasi dari Kepolisian Jepang bahwa telah terjadi peristiwa penikaman oleh WNI kepada sesama WNI," kata Makki, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (9/8/2023).

Dirinya menjelaskan, info terkait kronologi dan detail peristiwa saat ini masih menunggu hasil investigasi otoritas terkait di Jepang.

Menurutnya, KJRI Osaka telah melakukan penanganan sejak informasi tersebut diterima oleh Konjen RI Osaka pada 4 Agustus 2023.

Ia mengatakan, komunikasi dan koordinasi telah dilakukan oleh KJRI dengan berbagai pihak baik di Jepang (termasuk kepolisian dan rumah sakit), maupun di Indonesia untuk menangani kasus tersebut.

Pihak KJRI Osaka telah menjenguk WNI korban penikaman tersebut di rumah sakit tempat korban dirawat.

"Kondisi korban sudah membaik dan masih melanjutkan perawatan di rumah sakit," ujar dia.

Sementara itu untuk WNI pelaku, menurutnya saat ini tengah ditahan dan masih menjalani proses penyelidikan oleh Kepolisian Kaizuka.

"Pihak KJRI terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk penanganan lebih lanjut mengenai peristiwa tersebut," pungkasnya.

Baca juga: Ramai Warganet Pakai Foto Profil Luffy Mode Gear 5, Apa Itu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com