Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Mengapa Film Zombi Banyak Diminati sampai Sekarang

Kompas.com - 31/01/2022, 10:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, film zombi sedang digandrungi banyak peminat film di Tanah Air.

Salah satu film zombi yang tengah naik daun berjudul All of Us Are Dead yang ditayangkan di Netflix mulai Jumat (28/1/2022).

Bahkan, topik #AllOfUsAreDead masuk dalam trending topic Twitter pada Senin (31/1/2022), dengan 196.000 orang telah mengetwit topik tersebut.

"Selalu suka film ato series ttg zombie #AllOfUsAreDead," tulis akun Twitter ini.

"Puas banget sama #AllOfUsAreDead . Zombie apocalypse yg sukses bikin jantungan dgn segala teknis megahnya. Dilema moral yg kompleks di antara karakter2nya pun mencampuradukkan emosi yg lama-lama makin memanas. Berdarah-darah, tapi tetap cute dalam romansanya," tulis akun Twitter lainnya.

Lantas, mengapa orang-orang begitu menyukai film horor subgenre zombi?

Baca juga: 5 Rekomendasi Drakor Januari 2022, Ada All of Us Are Dead!

Alasan film zombi banyak diminati

Dikutip dari Kompas.com, (20/2/2021), dari sisi produksi, proses pembuatan film subgenre zombi hanya mengeluarkan anggaran yang rendah dan keuntungan yang tinggi.

Film ini menjadi populer, salah satunya karena seringkali memicu munculnya berbagai rasa, seperti ketakutan alamiah tentang kepunahan, mutilasi, kehilangan otonomi, dan kematian ego.

Menurut seorang penulis bernama Karl Albrecht, ada lima kategori ketakutan naluriah pada manusia, yaitu:

1. Kepunahan

Kepunahan adalah ketakutan akan kehancuran dan gagasan bahwa manusia tidak lagi menjadi spesies dominan di planet ini. Sebagian besar film zombi terjadi di dunia pasca-apokaliptik sebagai akibat dari penyakit atau virus yang mematikan.

2. Mutilasi

Mutilasi adalah ketakutan akan pemotongan dan gagasan mengenai tercabik-cabik, terluka parah, kehilangan bagian tubuh, dan cacat. Sebuah film bukan film zombi, kecuali ada scene anggota tubuh dirobek dari tubuh, dan otak yang dimakan.

3. Hilang jati diri

Kehilangan jati diri adalah ketakutan akan hilangnya kendali atas diri sendiri dan lingkungan Anda. Tema umum dalam genre ini adalah sifat ceroboh yang diambil mayat hidup begitu mereka bergabung dengan barisan zombi.

4. Perpisahan

Perpisahan adalah ketakutan akan ditinggalkan dan gagasan menjadi orang yang terbuang. Film zombi paling populer berfokus pada satu karakter atau sekelompok kecil penyintas melawan serangan zombi raksasa.

5. Matinya ego

Kematian ego adalah ketakutan akan penghinaan dan gagasan kehilangan integritas dan persetujuan dari diri sendiri. Hal ini juga mengingatkan penonton bahwa apakah Anda dapat hidup sendiri untuk bertahan hidup dari kepungan zombi atau tidak.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film dan Drama Korea tentang Zombie

Rekomendasi film dan serial zombi populer

Perkembangan film horor dengan kehadiran zombi terus mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com