Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Akan Kenalkan Seragam Baru Satpam pada 2 Februari 2022

Kompas.com - 31/01/2022, 06:30 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan memperkenalkan seragam baru Satuan Pengamanan (Satpam) pada 2 Februari 2022.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Ramadhan sebelumnya menyatakan, pengenalan seragam baru satpam akan berlangsung pada 31 Januari 2022, bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Ke-41 Satpam.

"(Perkenalan seragam baru satpam) Diundur tanggal 2 Februari 2022," ujar dia, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/1/2022) sore.

Dikutip dari Kompas.com, 13 Januari 2022, Ramadhan mengatakan, hanya baju seragam satpam yang akan diubah dari warna cokelat muda menjadi krem.

Sementara itu, celana seragam satpam akan tetap berwarna cokelat tua.

Baca juga: Besok, Polri Akan Pamerkan Seragam Baru Satpam Warna Krem

Seragam satpam warna krem viral di media sosial

Menjelang diperkenalkan pada 2 Februari 2022, ada warganet yang lebih dahulu mengunggah video menampilkan seragam baru satpam 2022 berwarna krem dengan celana cokelat tua.

Dalam video berdurasi 17 detik yang diunggah akun TikTok @normnsyah, tampak puluhan satpam yang telah mengenakan seragam berwarna krem.

"Warna seragam baru satpam 2022," demikian keterangan yang dituliskan pemilik akun.

Hingga Minggu (30/1/2022) sore, video tersebut telah disukai 88.000 kali, dikomentari 14.000 kali, dan dibagikan 13.000 kali oleh warganet TikTok.

Sejumlah warganet yang melihat unggahan video ini pun turut memberikan komentarnya. Salah satunya akun ini.

"Lumayan, semoga kita yang melihat bisa terbiasa dengan perubahan yang berlaku," tulis akun TikTok @maulanan****.

Terkait beredarnya video diklaim seragam baru satpam warna krem, Ramadhan belum bisa memberikan banyak komentar.

"Pastinya saya konfirmasi dulu ke Korbinmas (Korps Pembinaan Masyarakat)," ujar Ramadhan, saat dihubungi Kompas.com terpisah.

Baca juga: Diubah Lagi, Apa Alasan Warna Seragam Satpam Dulu Dibuat Mirip Polisi?

@normnsyah Warna Seragam Baru Satpam 2022 #satpam #sekuritijamannow #seragamsatpam #satpamindonesia #satpamviral #fyp #fyp??viral ? GOOD BOY X DANCE MANCING - Rian.A

Alasan seragam satpam diubah menjadi warna krem

Dikutip dari laman Humas Polri, Ramadhan mengungkapkan, perubahan warna seragam satpam dari cokelat muda menjadi krem untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat.

Pasalnya, seragam satpam sebelumnya dinilai terlalu mirip dengan seragram Polri.

"Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan masyarakat, jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam," kata Ramadhan.

Ia juga menyebut, satpam sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri.

Adapun perubahan ini akan diatur dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) yang akan efektif berlaku setahun sejak Perpol diterbitkan.

Baca juga: Seragam Satpam yang Mirip Polisi Akan Diubah Lagi, Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com