Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengonsumsi Sisa Kopi Pagi di Sore Hari, Amankah untuk Tubuh?

Kompas.com - 05/01/2022, 16:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Terkadang kopi pagi belum tandas karena kita harus bergerak cepat menuju kantor. Dan di sore hari, kopi itu masih terhidang menantang di atas meja makan.

Beberapa orang memilih untuk menuntaskannya. Namun beberapa orang lagi memilih untuk membuat seduhan kopi yang baru dan membuang sisa kopinya yang diseduh di pagi hari. 

Amankah mengonsumsi kopi sisa sedari pagi, atau justru sisa sedari malam?

Jawaban yang ada ternyata tak sederhana. Karena menilai aman dan tak amannya, tergantung dari banyak faktor.

Seperti faktor cara penyeduhan dan penyimpanannya, dan tambahan pangan apa saja yang sudah dimasukkan ke dalam kopi.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Jangan Buang Ampas Kopi Pagi Anda

Risiko meminum sisa kopi pagi di sore hari

Pada dasarnya tak ada bahaya yang serius ketika kita mengonsumsi sisa kopi seduhan berjam-jam yang lalu.

Ketika bubuk kopi terkena air panas, kopi akan segera mengeluarkan aroma, minyak dan zat asamnya untuk larut di dalam air panas yang ada.

Air dan ampas kopi yang menyatu terlalu lama bisa menyebabkan reaksi antara hidrogen dan oksigen dan membuat citarasa kopi menjadi semakin pahit.Unsplash/Ante Samarzija Air dan ampas kopi yang menyatu terlalu lama bisa menyebabkan reaksi antara hidrogen dan oksigen dan membuat citarasa kopi menjadi semakin pahit.
Nah ketika Anda meninggalkan air dan ampas kopi menyatu terlalu lama, maka akan ada reaksi hidrogen dan oksigen yang bisa meningkatkan kadar pH dalam kopi Anda.

Proses ini bisa membuat kopi terasa lebih pahit dibanding ketika pertama kali kopi terkena air panas.

Selain itu, kadar asam kopi juga biasanya menjadi jauh lebih kuat, sehingga tak aman untuk Anda yang memiliki asam lambung. 

Jadi jika Anda tak mampu menghabiskan kopi pagi dan ingin menyesapnya kembali di sore hari, pisahkan kopi dari ampasnya dan simpan larutan kopi di dalam termos atau thumbler.

Dengan begini, citarasa kopi akan tetap alias stabil meski sudah terseduh berjam-jam lamanya.

Ketika muncul pertanyaan apakah sisa kopi aman untuk dikonsumsi, kita harus menelisik zat tambahan apa saja yang sudah dicampurkan ke dalam kopi.

Baca juga: Bahayanya Mengonsumsi Obat dan Kopi dalam Waktu Berdekatan

Melansir dari Bustle, jika Anda sudah menambahkan susu ke dalam kopi, maka kopi tak bisa tahan lama dan tak aman dikonsumsi di sore harinya.

Karena menurut penelitian, mengonsumsi susu yang sudah berada di suhu ruang lebih dari dua jam bisa sangat membahayakan saluran cerna. Bahaya ini masih tetap ada meski susu sudah dicampur dengan kopi yang tak mengenal kedaluwarsa.

Jadi jika Anda ingin mengonsumsi sisa kopi susu, ada baiknya Anda memanaskannya terlebih dahulu di dalam microwave untuk membunuh bakteri yang kemungkinan sudah timbul.

Atau jika Anda berencana menghabiskan susu kopi Anda di sore hari sepulang dari bekerja, masukkan susu kopi ke dalam tumbler dan simpanlah di dalam lemari pendingin agar bakteri tak berkembang biak.

Jadi amankah kopi pagi dikonsumsi sore hari? Sisa kopi hitam pekat alias tubruk tanpa tambahan susu bisa aman dikonsumsi di sore hari. Namun sisa kopi susu, bisa menjadi tak aman jika Anda tak benar dalam menyimpannya.

Baca juga: 5 Cara Kopi Bisa Merusak Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com