Kompas.com - 22/11/2021, 11:30 WIB
Beberapa cara pengonsumsian kopi bisa membuat kafein di dalam kopi merusak kulit. Unsplash/Hunter NewtonBeberapa cara pengonsumsian kopi bisa membuat kafein di dalam kopi merusak kulit.

KOMPAS.com - Kopi mengandung kafein dalam level tinggi yang bisa menguntungkan juga merugikan tubuh.

Jika dikonsumsi dalam cara yang tepat, kafein dalam kopi adalah properti stimulan yang bisa membuat tubuh terjaga dan lebih fokus.

Namun jika dikonsumsi dengan cara yang kurang tepat, level kafein yang terlalu tinggi bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Kafein terbukti bisa mengganggu tekanan darah, memicu anxiety, menyebabkan dehidrasi, menyebabkan tangan tremor, dan masih banyak lagi.

Menurut studi, kopi ternyata juga bisa membahayakan kulit. Ada beberapa cara kafein dalam kopi bisa merusak kulit dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca juga: 10 Fakta Unik dari Kopi

Cara kopi merusak kulit

Berikut ini beberapa cara pengonsumsian kopi yang bisa membahayakan kesehatan kulit:

1. Mengonsumsi kopi melebihi takaran ideal harian

Idealnya, setiap orang maksimal mengonsumsi tiga cangkir kopi saja per hari. Jika melebihi dosis itu, kafein yang memiliki efek diuretik bisa menyebabkan dehidrasi. 

Kafein bisa membuat dehirasi, dan dehidrasi bisa merusak kesehatan kulit.Unsplash/Nathan Dumlao Kafein bisa membuat dehirasi, dan dehidrasi bisa merusak kesehatan kulit.
Ketika dehidrasi terjadi terlalu sering, bahkan hampir tiap hari, maka akan terbentuk racun yang bisa merusak kulit Anda, membuat kulit mudah kering dan keriput.

Jika ingin kulit menjadi kembali sehat, cobalah berhenti mengonsumsi kafein selama beberapa hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.