Kompas.com - 12/12/2021, 14:05 WIB
Jangan minum kopi dan obat secara bersamaan, ada banyak efek negatifnya. Unsplash/Kelly SikkemaJangan minum kopi dan obat secara bersamaan, ada banyak efek negatifnya.

KOMPAS.com - Meminum obat di antara sesapan kopi sangat berbahaya, kafein di dalam kopi akan bereaksi dengan senyawa-senyawa kimia dalam obat dan melahirkan beragam efek negatif.

Meski kopi memiliki banyak khasiat untuk tubuh, namun menyesap kopi berdekatan dengan waktu minum obat akan menimbulkan interaksi yang memiliki efek negatif bagi tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2020 di Ehtiopia menyimpulkan bahaya dari interaksi kafein dan obat-obatan ini.

Di studi tersebut dinyatakan bahwa kafein bisa mempengaruhi proses penyerapan, perombakan, distribusi dan pengeluaran obat dari dalam tubuh.

Purvi Parekh, seorang ahli medis dari Pennsylvania Amerika Serikat, mengatakan ada banyak efek samping dari pencampuran kafein dan obat-obatan medis.

Baca juga: Benarkah Ampas Kopi Bisa Menghitamkan Rambut?

Bahayanya minum obat dengan kopi

Ketika Anda menyesap kopi berdekatan dengan waktu minum obat, kafein di dalam kopi bisa mengurangi efek atau khasiat dari obat-obatan yang ada.

Melansir Eatthis, berikut ini jenis obat-obatan yang sebaiknya dijauhkan dari kafein. Jadi ketika mengonsumsi obat-obatan ini, sebaiknya batasi pengonsumsian kopi Anda dalam sehari-hari.

1. Obat tiroid

Obat tiroid sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Dan setelah minum obat, usahakan perut tetap kosong selama 30 menit hingga satu jam agar penyerapan obat bisa maksimal.

2. Obat osteoporosis

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.