Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Muhammad Kece Jadi Duta Pancasila

Kompas.com - 30/08/2021, 14:30 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi yang menyebutkan YouTuber Muhammad Kece alias Muhammad Kosman ditetapkan sebagai Duta Pancasila.

Informasi tersebut menyebar luas di media sosial Facebook.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, klaim Muhammad Kece ditetapkan sebagai Duta Pancasila adalah hoaks atau tidak benar.

Narasi yang beredar

Akun Facebook ini dan ini mengunggah narasi dengan klaim Muhammad Kece dijadikan sebagai Duta Pancasila.

Berikut narasinya:

"Muhammad Kece Penista Agama Jadi Duta Pancasila. Lucunya Negeriku. Semakin Jelas Ini Rezim," tulis salah satu akun pada 23 Agustus 2021.

"Muhammad Kece, Duta Pancasila. Dia menghina Islam. Saya khawatir ini disengaja utk alihkan perhatian. Dan mungkin ada kekuatan hebat dibelakang nya," tulis akun yang lain.

Tangkapan layar unggahan hoaks yang menyebutkan Muhammad Kece dijadikan sebagai Duta Pancasila.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan hoaks yang menyebutkan Muhammad Kece dijadikan sebagai Duta Pancasila.

Penelusuran Kompas.com

Diberitakan Kompas.com, 23 Agustus 2021, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menegaskan bahwa informasi mengenai penetapan Youtuber Muhammad Kece sebagai Duta Pancasila adalah kabar palsu atau hoaks.

Penegasan itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Utama BPIP Dr Karjono, SH, MHum melalui keterangan tertulis.

Karjono menambahkan, konten Muhammad Kece di akun Youtube miliknya tak selaras dengan narasi kebangsaan yang tengah dibangun oleh BPIP untuk mewujudkan solidaritas, gotong-royong, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

BPIP, lanjut Karjono, menyayangkan munculnya hoaks tersebut karena justru datang dari kalangan media massa.

Menurutnya, media yang memberitakan hal tersebut tidak memenuhi kaidah cover both side sesuai kode etik jurnalistik.

"Ketika BPIP sedang gencar-gencarnya membangun narasi-narasi kebangsaan, pluralisme, nasionalisme, dan gotong royong, justru BPIP diberitakan seolah memberikan dukungan kepada Muhammad Kece dalam bentuk menetapkannya sebagai Duta Pancasila. Hal ini jelas berita bohong dan tidak sesuai dengan fakta yang ada," tutur dia.

Lebih lanjut, Karjono mengatakan, Muhammad Kece tidak pernah terlibat dalam berbagai program yang diselenggarakan oleh BPIP.

Adapun program Duta Pancasila dilaksanakan BPIP berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com