Kompas.com - 29/08/2021, 18:30 WIB
Kerangka sepasang kekasih ditemukan dalam satu liang di China utara. Kerangka tersebut diperkirakan berusia 1500 tahun. Qian Wang; Illustration by Anqi Wang via LIVE SCIENCEKerangka sepasang kekasih ditemukan dalam satu liang di China utara. Kerangka tersebut diperkirakan berusia 1500 tahun.

KOMPAS.com - Sebuah penemuan sisa kerangka sepasang kekasih berusia 1500 tahun lalu telah ditemukan di China utara. Menariknya, kerangka sepasang kekasih tersebut ditemukan dengan posisi berpelukan.

Peneliti menganalisis bahwa kerangka perempuan adalah yang mengorbankan dirinya agar bisa dimakamkan bersama kekasihnya yang sudah terdahulu.

"Ini adalah pasangan pertama yang ditemukan dalam kondisi berpelukan seperti ini di China," ungkap Qian Wang.

Mengutip Live Science, Sabtu (28/8/2021) arkeolog menemukan kerangka pasangan kekasih tersebut pada Juni 2020 dalam sebuah eskavasi kuburan di Provinsi Shanxi.

Berikut ini fakta-fakta terkait penemuan kerangka pasangan kekasih tersebut.

Makam unik yang akan di museumkan

Pemakaman itu berisi sekitar 600 kuburan Xianbei, kelompok nomaden kuno di China Utara yang berasimilasi dengan budaya China Han.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kerangka Sepasang Kekasih Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di China, Masih Berpelukan

Berhubung kuburan sepasang kekasih di China itu unik, para arkeolog memutuskan untuk tak menggali sisa-sisa kerangka sepenuhnya.

Sebagai gantinya, tim membiarkan mereka tetap berpelukan sehingga keduanya bisa tampilkan bersama di museum di masa depan.

Ciri-ciri fisik kerangka laki-laki dan perempuan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.