Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Pembebasan Perancis pada Masa Perang Dunia II

Kompas.com - 19/06/2023, 08:00 WIB
Susanto Jumaidi,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perancis menjadi salah satu negara di Eropa yang diduduki Jerman pada Perang Dunia II.

Upaya pembebasan Perancis dari Jerman, berlangsung pada 6 Juni – 25 Agustus ini melibatkan tiga kekuatan besar, yaitu Perancis sendiri, Amerika Serikat, dan Inggris. 

Pemberontakan ini terdiri dari tiga tahapan, dimulai dari penyerangan Normandie, penyisiran ke pedalaman oleh Sekutu, dan puncaknya adalah pembebasan Paris.

Berikut adalah kronologi Operasi Pembebasan Perancis.

Baca juga: Kisah Perang Dunia II: Mengapa Terjadi dan Negara yang Terlibat

Penyerangan ke Normandia

Normandia merupakan kawasan Perancis bagian utara yang telah dikuasai oleh Jerman sejak penyerangannya ke wilayah tersebut pada Mei 1940.

Rencana pembebasan Eropa Barat dari Blok Poros Jerman telah disusun oleh Sekutu jauh sebelum pecahnya serangan ke Normandia, yaitu sejak 1943.

Pada Konferensi Teheran di Iran tahun 1943, para pemimpin Blok Sekutu menyepakati penyerangan ke Normandia akan dilancarkan pada Maret 1944 dengan nama sandi Operation Overlord.

Namun setelah berbagai perhitungan dan pertimbangan, rencana penyerangan ini benar-benar direalisasikan pada tanggal 6 Juni 1944 yang didahului serangan udara.

Pada tanggal tersebut, Sekutu menerbangkan 2.000 pesawat udara yang dibagi dua tahap. Seribu pesawat dikerahkan pada malam hari, sisanya pada siangnya.

Baca juga: Revolusi Perancis: Penyebab, Dampak, dan Pengaruh

Pengerahan kekuatan udara ini dipilih mengingat skala tentara Jerman lebih banyak dari Sekutu. Sebaliknya Jerman hanya memiliki 119 pesawat tempur yang siap operasi.

Serangan udara itu menyasar obyek-obyek vital Jerman di Normandia. Di antaranya gudang senjata, lokomotif, markas tentara, alat komunikasi, dan sebagainya.

Sejak itu, Jerman sibuk memobilisasi tentaranya. Demikian juga dengan tentara Sekutu, prajuritnya juga segera mendarat ke Normandia melalui jalur laut dan udara.

Penyerangan ini juga melibatkan La Resistance, para pemberontak Perancis yang berperan dalam upaya sabotase-sabotase fasilitas militer Jerman.

Serangan di luar dugaan Jerman ini berakhir dengan penguasaan kawasan pantai Normandia oleh tentara Sekutu yang kemudian berlanjut ke ekspedisi pedalaman Perancis.

Baca juga: Blok Sekutu dalam Perang Dunia II

Menerobos Pedalaman

Setelah berhasilnya pendaratan tentara di pantai Normandia, rencana selanjutnya yaitu menguasai kota-kota penting di utara Perancis, dan kemudian menuju Paris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com